Perkembangan teknologi sekarang ini memberikan berbagai dampak pada beberapa alat elektronik yang memang sudah ada sebelumnya. Setiap produk elektronik yang memang sudah ada sejak lama pun diperbaharui agar semakin menarik perhatian masyarakat Indonesia dan juga semakin menjual. Hal ini dapat Anda lihat dari perkembangan televisi, dimana dulu jenis yang digunakan merupakan TV tabung, yang kualitas gambarnya masih belum sebagus televisi pada saat ini. Selain itu, alat elektronik ini juga hampir dimiliki oleh setiap rumah tangga yang ada di negara ini karena dianggap sebagai pemberi hiburan terbaik yang dapat mereka gunakan kapan pun yang diinginkan. Tidak hanya untuk menonton, televisi saat ini juga dapat gunakan untuk berbagai hal, misalnya bermain game, presentasi, dan lain sebagainya. Salah satu jenis televisi yang belakangan ini diminati dan juga merupakan produk yang cukup baru adalah TV LCD.

Ingin Membeli TV LCD untuk di Rumah? Ketahui Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini! 

Jenis LCD ini bekerja dengan cara memproduksi gambar berwarna hitam dan juga yang memiliki warna lainnya dengan menyeleksi cahaya yang terpancar oleh lampu berteknologi CCFLs atau Cold Cathode Fluorescen Lamps yang terletak pada bagian belakang dari layar. Lampu tersebut hadir dalam jumlah jutaan di dalamnya, yang dimana dapat Anda nyala serta matikan dengan menggunakan LCD shutter. Shutter tersebut berupa sub-pixel yang memiliki ukuran yang begitu kecil dan digabungkan menjadi pixel. 

Jika Anda ingin membeli jenis TV LCD ini, maka tentunya Anda harus mengetahui beberapa kelebihan yang ditawarkan, seperti: 

  • Warna yang dihasilkan oleh jenis ini terlihat lebih nyata.
  • Memiliki teknologi anti bayangan atau anti-glare.
  • Memiliki ukuran layar yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  • Tidak memancarkan radiasi sehingga aman untuk digunakan setiap hari.
  • Dapat dipergunakan menjadi monitor komputer.
  • Menggunakan daya listrik yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan komputer mau pun jenis televisi lainnya.

 Selain kelebihan, Anda juga harus mengetahui kelemahan yang dimiliki dari jenis alat elektronik ini, yakni: 

  • Jika dilihat dari sudut yang lebih lebar, maka kualitas gambar pun akan terlihat lebih menurun.
  • Semakin besar ukurannya, maka harganya pun juga akan terus bertambah mahal.
  • Response Time dan juga Refresh Rate di dalamnya lebih rendah jika Anda bandingkan dengan model plasma. Hal ini dapat membuatnya menghasilkan gambar yang terlihat kabur.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari TV LCD yang harus Anda ketahui sebelum membeli perangkat elektronik tersebut, yang dimana harganya tentu tidak murah ini. Pastikan untuk membeli jenis dan juga merk televisi yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda agar pemakaiannya pun akan semakin terasa menyenangkan dan juga terasa nyaman. Pastikan mempertimbangkan kelebihan serta kekurangannya sebelum membeli sehingga Anda pun tidak akan merasa menyesal ketika sudah membawanya pulang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *