Salah satu perabotan rumah yang dianggap penting kehadirannya adalah kulkas. Hal tersebut dikarenakan alat elektronik ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni dapat digunakan untuk menjaga kesegaran makanan serta minuman yang disimpan di dalamnya, serta membuat segala jenis makanan menjadi lebih awet dan tahan lama. Jenis kulkas pun sekarang ini sudah ada begitu banyak, mulai dari yang memiliki dua pintu, satu pintu, hingga kulkas kecil pun bisa Anda jadikan pilihan untuk dipergunakan di rumah. Seperti yang kita ketahui, listrik yang dipergunakan oleh satu unit kulkas memang tidak sedikit, terutama alat elektronik tersebut tidak boleh sampai kehabisan daya listrik. Untuk lebih berhemat, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa cara jitu ini agar kantong tidak menipis hanya untuk membayar tagihan listrik saja:

Ingin Penggunaan Kulkas Kecil Semakin Membuat Anda Hemat? Ikuti Cara Ini! 

  • Kebersihan

Hal paling pertama dan juga yang paling penting untuk membuat kulkas lebih awet tahan lama serta tidak membuat asupan listrik yang dikonsumsi semakin membengkak adalah dengan menjaga kebersihannya. Kulkas yang kotor dapat membuat mesinnya bekerja dengan lebih ekstra, begitu pula dengan asupan daya yang dibutuhkan juga akan membesar. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan bagian dalamnya secara rutin agar tidak ada es yang menumpuk. Jangan lupa juga menjaga bagian kondesornya agar tidak tertutup oleh debu.

  • Peletakannya

Biasanya, kulkas akan ditaruh dengan memberikan sedikit jarak pada dinding dan juga langit-langit ruangannya. Untuk membuat kulkas lebih tahan lama dan juga tidak membuat tagihan listrik membengkak, maka pastikan jika alat elektronik tersebut ditempatkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan meski hanya kulkas kecil saja, namun alat tersebut mengeluarkan panas. Jika kulkas selalu panas, maka daya yang digunakan untuk mendinginkan pun juga akan membengkak. Alhasil tagihan listrik pun akan jauh lebih mahal dibandingkan biasanya.

  • Menggunakan dengan Bijak

Sebagai pengguna kulkas, Anda juga dituntut harus menjadi pribadi yang bijak dalam menggunakannya sehari-hari. Ketika akan menggunakannya, pastikan untuk membaca petunjuk yang diberikan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas dari alat elektronik tersebut, jangan pernah memaksakannya menampung barang yang diluar kemampuannya. Anda juga tidak boleh menaruh makanan panas atau hangat ke dalamnya agar kulkas dapat bekerja dengan normal.

  • Tertutup Rapat

Hal selanjutnya yang pasti sangat membantu Anda dalam berhemat adalah memperhatikan karet pintu kulkas kecil yang digunakan. Pasalnya, sering kali kita lupa menutup pintunya dengan rapat atau hanya asal menutup tanpa memperhatikan dengan benar. Jika tidak tertutup rapat, maka mesin pun akan bekerja lebih keras lagi agar kulkas memiliki suhu yang dingin. Dengan bekerja secara lebih keras, maka semakin banyak daya listrik yang dikonsumsi dan semakin membengkak pula tagihan listrik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *