Banyak jenis gadget tercipta untuk memberikan hiburan maksimal kepada penggunanya. Salah satunya adalah mp3 player yang merupakan gadget untuk memutar file music berformat mp3. Sebelum jaman digital tercipta, Anda hanya bisa memutar music melalui piringan hitam atau kaset pita yang membutuhkan perangkat khusus dengan dimensi yang cukup besar. Namun kini dengan adanya file music digital dengan format mp3, player menjadi lebih mini dan ramping sehingga bahkan bisa dibawa kemana-mana.

Player mp3 yang kita kenal selama ini ada beberapa jenisnya sesuai dengan media penyimpanan mp3 yaitu:

  • MP3 / VCD player.

Menjadi satu dengan VCD player yang juga bisa membaca file format mp3. Bentuknya kotak dengan media baca berupa cakram VCD atau CD. Untuk format mp3, maka layer televise yang terhubung hanya akan menampilkan judul dari file yang dibaca tanpa ada video yang diputar. Saat ini penggunaan VCD player sudah sangat jarang seiring dengan ditinggalkannya cakram VCD sebagai tempat penyimpanan.

  • Hi-fi.

Hi-fi merupakan perangkat DVD player yang juga memiliki speaker sehingga tidak memerlukan televise atau speaker lain untuk memutar file suara. Namun untuk file video tetap memerlukan koneksi dengan televise jika ingin melihat gambarnya. Hi-fi juga menggunakan cakram optic namun dengan kemampuan baca yang lebih rapat yaitu dengan cakram DVD. Sebagai mp3 player. Hi-fi menghasilkan kualitas suara yang sangat baik dibandingkan dengan VCD player yang dihubungkan ke televisi.

  • Mini player.

Mini player merupakan player mp3 yang menggunakan media penyimpanan berupa micro sd atau memory card. File sebelumnya disimpan di dalam memory card terlebih dahulu kemudian di masukkan ke dalam mini player. Bentuknya yang mungil membuatnya bisa dibawa dengan mudah bahkan dimasukkan dalam saku. Untuk perangkat pengeluaran audionya menggunakan kabel headset atau earphone. Kualitas suara yang dihasilkan tergantung dari merk mini player dan headset tersebut. Namun karena bentuknya yang mini, pengoperasiannya juga terbatas meliputi tombol playback, next, dan prev saja.

Baca Juga: Trik Jitu Pilih MP3 Player Modern Terbaik

  • Mini usb player.

Hamper sama dengan mini player namun untuk mini usb player menggunakan media usb sebagai media penyimpanan dimana file mp3 akan dibaca oleh player.

Itulah beberapa jenis dari mp3 player yang beredar saat ini. Jika Anda ingin memiliki satu buah player untuk bisa digunakan memainkan koleksi music yang dimiliki, Anda bisa memilih salah satu dari jenis di atas. Disarankan Anda memilih hi-fi untuk penggunaan di rumah atau kantor agar suara yang dihasilkan lebih baik dan bisa didengarkan oleh orang banyak. Namun untuk keperluan pribadi, Anda bisa membeli mini player dengan headset yang berkualitas sehingga music akan terdengar dengan jernih dan memiliki bass yang pas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *