Microwave adalah sebuah alat elektronik dapur yang digunakan untuk memanaskan makanan. Alat ini lebih aman digunakan dan aman tanpa harus terkontaminasi racun berbahaya karena alat tidak menyalurkan kandungan kimia kedalam makanan yang dipanaskan. Sistem pemanasan pada alat ini menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik dengan panjang yang bervariasi. Radiasi ini akan menghasilkan panas yang menyebar didalamnya dan cocok untuk dapur luas supaya sirkulasi udara panas berputar dengan baik. Sebaiknya jangan meletakkan alumunium foil atau benda berbahan logam pada alat ini karena akan membuat objek dalam ruangan memanas dan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan.

 Ini Dia Beberapa Manfaat Microwave dan Cara Tepat Merawatnya

Berikut adalah manfaat alat ini bagi pengguna diantaranya:

  • Mengembalikan tesktur renyah, dapat menjaga tekstur renyah dari keripik dengan menggunakan alat ini dalam 30 detik.
  • Melembutkan makanan, dengan membungkus roti dengan selembar kain yang basah dan panaskan roti dalam waktu 10-15 detik.
  • Merebus makanan, dengan meletakkan makanan pada wadah plastik yang di segel dan tambahan sedikit air kedalam plastik 5-6 menit.
  • Memudahkan mengiris bawang, dengan membuang bagian atas dan bawah lalu masukkan dalam alat ini hingga 30 detik dan tidak akan mengurangi tekstur bawang.
  • Mengupas bawang putih dengan mudah, dengan memasukkan bawang putih didalamnya dalam beberapa detik dan tidak perlu repot untuk mengupasnya.

Selain beberapa diatas, alat ini juga digunakan untuk memanggang kacang dengan cepat. Dengan meletakkan kacang pada piring dan biarkan 1 menit. Dapat juga digunakan untuk membuat rempah kering dengan membungkus rempah dengan tisu dan masukkan pada alat ini hingga 3 menit. Untuk mendapatkan sari lemon yang banyak maka panaskan buah lemon terlebih dahulu dalam microwave dalam 20 detik. Alat ini juga dapat mencairkan coklat batangan dengan mudah menggunakan double boiler. 

Berikut adalah cara merawat alat pemanas ini diantaranya: 

  • Setelah digunakan maka bersihkan peralatan dan jangan biarkan ada sisa makanan yang tertinggal dapat panas yang dikeluarkan dari alat ini.
  • Gunakan uap air yang berisikan perasan lemon untuk melunakkan sisa noda atau makanan yang menempel pada bagian alat ini.
  • Gunakan selalu serbet basah untuk membersihkan sisa noda yang menempel dan ketika noda hilang maka dapat membersihkannya kembali dengan serbet kering dan bersih.

Selain beberapa diatas, tutup selalu pintu bagian depan alat ini karena jika tidak tertutup dengan baik maka akan memperbesar konsumsi energi listrik yang diserap. Jangan menyalakan microwave tanpa ada makanan karena energi listrik yang dikeluarkan tidak akan digunakan dan membuat alat ini cepat rusak. saat membungkus atau menghangatkan makanan sebaiknya menggunakan peralatan dari kaca dan porselen yang tidak menyerap panas. Letakkan alat ini dengan jarak aman 5cm dari dinding dan jauhkan dari benda elektronik lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *