Alat musik mempunyai banyak jenis yang ada dan bisa dipilih dari cara memainkannya. Salah satunya adalah gitar yang merupakan alat musik petik yang paling umum digunakan oleh para musisi. Alat musik ini paling banyak dipilih karena mempunyai ukuran yang sangat mudah dibawa kemana-mana dan juga dapat untuk dimainkan dengan lebih mudah daripada jenis alat musik lainnya. Untuk jenis gitar yang dapat dipilih juga ada beberapa dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan suara yang dihasilkan. Beberapa pilihan jenis gitar misalnya gitar akustik, gitar elektrik, dan juga gitar gabungan keduanya yaitu gitar listrik akustik.

Ini Dia Kelebihan yang Ditawarkan dari Jenis Gitar Elektrik

Salah satu jenis gitar tersebut adalah gitar listrik atau elektrik yang banyak digunakan untuk bermain di panggung. Jenis ini mempunyai teknologi yang lebih canggih dan menjadi pilihan gitar para musisi. Jenis gitar listrik ini sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1930 an yang digunakan oleh para musisi jazz yang pada waktu tersebut menggunakan amplifier gitar dengan model hollow bodied sehingga menghasilkan suara yang lebih besar. Hal tersebut diikuti pada tahun 1940an yang banyak grup menggunakan jenis gitar ini dan digunakan oleh banyak musisi dari aliran musik. Baik itu untuk mengiringi musik jazz, heavy metal, alternatif country, dan juga banyak genre lainnya. Jenis gitar ini sendiri mempunyai banyak kelebihan yang ditawarkan, sehingga bisa menjadi pilihan gitar yang akan dibeli. Misalnya beberapa kelebihan dari jenis gitar ini adalah:

  • Suara yang powerful

Kelebihan pertama dari jenis gitar elektrik ini tentunya dari suara yang dapat dihasilkan. Gitar ini mempunyai suara yang lebih powerful yang lebih keras. Selain itu juga ada banyak efek yang bisa dihasilkan untuk menghasilkan bunyi yang powerful seperti efek bunyi distorsi, delay, reverb, dan masih banyak lainnya. Sehingga dengan banyaknya efek suara yang ada bisa untuk memperkaya hasil bunyi dan juga dapat untuk menambah kreasi untuk berbagai genre musik.

Baca Juga:Ingin Membeli Gitar Elektrik? Simak Tips Cerdas Ini untuk Anda yang Masih Pemula

  • Mudah untuk dimainkan

Ketika memilih jenis gitar listrik, kelebihan lainnya yang bisa didapatkan adalah dari kemudahan untuk dimainkan. Jenis ini mempunyai bagian fret atau fingerboard yang mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tipis. Serta ukuran dawai atau stringnya juga lebih halus dari jenis gitar pada umumnya. Jumlah fret yang lebih banyak dan jangkauan nadanya lebih halus juga dapat untuk mendapatkan bunyi beragam dan lebih mudah untuk memainkannya.

  • Mempunyai suara yang dapat berubah dengan fleksibel

Dan kelebihan lainnya yang ditawarkan dari jenis gitar elektrik ini adalah mempunyai suara yang mudah diubah lebih fleksibel. Sehingga jenis gitar ini dapat disesuaikan dengan genre musik yang akan dimainkan. Jenis gitar ini juga mempunyai teknik yang lebih atraktif dan juga terus berkembang sehingga menjadi pilihan jenis gitar yang tepat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *