Banyak sekali perlengkapan dapur yang membuat ibu bisa menyiapkan makanan dengan lebih cepat, mudah dan beragam. Salah satunya adalah alat untuk memasak nasi. Jika dahulu nasi dimasak secara manual menggunakan kendil atau dandang dan membutuhkan waktu yang lama untuk masak, kini Anda bisa memasak nasi dengan lebih cepat dan mudah menggunakan alat elektronik. Jika secara manual, nasi perlu diaduk perlahan agar matang menyeluruh, namun dengan kedua alat modern ini hal tersebut tak perlu dilakukan. Ada 2 jenis alat yang digunakan untuk memasak nasi dan menyajikannya yaitu magic jar dan magic com dimana keduanya memiliki perbedaan dalam hal manfaat.

 Ini Dia Perbedaan Magic Jar dan Magic Com Serta Cara Memilihnya   

Sebenarnya untuk memasak nasi ada satu lagi alat elektronik yang bisa digunakan hingga kini yaitu rice cooker. Rice cooker menjadi primadona ketika tahun 2000an dimana ia bisa diandalkan untuk memasak nasi dalam jumlah besar. jika Anda akan menggelar hajatan dan perlu menyiapkan nasi matang dalam jumlah banyak sekaligus, rice cooker besar bisa diandalkan untuk memasak dalam waktu yang singkat. Namun permasalahannya alat ini tak bisa digunakan untuk menghangatkan sehingga nasi yang sudah matang lama kelamaan akan dingin jika tak dipindahkan ke mesin penghangat nasi.

 

Karena itulah pada jaman dahulu penggunaan rice cooker sering dikombinasikan dengan magic jar atau magic warmer. Magic warmer sama seperti namanya memiliki fungsi untuk menghangatkan saja tanpa bisa digunakan untuk memasak. Nasi yang telah matang dipindahkan ke magic warmer sesuai dengan kapasitasnya kemudian magic warmer dinyalakan hingga nasi habis disantap. Dengan begitu, kapanpun Anda ingin makan nasi, nasi akan selalu hangat sehingga lebih nikmat dimakan.

Baca Juga : Mengenal Kompor Induksi Lebih dalam  

Satu lagi alat yang bisa digunakan untuk memasak nasi adalah magic com. Meski namanya mirip namun antara magic warmer dan magic com memiliki perbedaan yang signifikan. Magic com bisa digunakan untuk memasak nasi sama seperti magic cooker. Akan tetapi magic com juga bisa digunakan sebagai penghangat nasi sehingga Anda tak perlu memindahkannya ketika masak untuk dihangatkan. Magic com akan bisa secara otomatis untuk berpindah fungsi antara pemasak nasi dan penghangat nasi ketika nasi sudah berada pada level matang.

 

Jika ingin membeli sebuah magic cook atau magic jar sebaiknya Anda memilih merk yang terpercaya sehingga sudah dibuktikan banyak orang akan kualitasnya. Memasak dan menghangatkan nasi bisa mempengaruhi tekstur nasi serta rasanya sehingga sebaiknya tak memilih merk baru yang belum dibuktikan. Selain itu memilih merk terpercaya akan memberikan Anda jaminan kualitas serta pelayanan pasca jual dimana sparepartnya sudah banyak dijual dan disediakan tempat-tempat resmi untuk Anda melakukan perbaikan ketika peralatan memasak tersebut mengalami kendala.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *