Gitar listrik atau yang disebut juga dengan gitar elektrik merupakan gitar yang menggunakan pickup agar bisa mengubah bunyi ataupun getaran yang berasal dari senar atau string agar menjadi arus listrik yang nantinya akan dikuatkan kembali mempergunakan amplifier dan juga loud speaker. Jenis gitar listrik ini banyak dipergunakan oleh para musisi atau gitaris saat berada di atas panggung. Namun, kesalahan para gitaris ini juga terkadang dilakukan saat sedang perform.

 Ini Kesalahan yang Biasanya Dilakukan Gitaris Saat Memainkan Gitar Elektrik di Atas Panggung

Pertama adalah penggunaan kabel jek yang buruk. Walaupun Anda merupakan seorang gitaris yang handal yang bisa memainkan kunci gitar dengan baik, namun hasil atau suara yang dihasilkan dari permainan gitar tidak akan maksimal jika kabel yang dipergunakan jelek misalnya memiliki noise yang tinggi yang menyebabkan suara seperti kresek-kresek. Karena hal tersebut, sebelum manggung, biasanya dilakukan sound cek untuk tahu kualitas dari kabel dan sound yang dipergunakan. Bahkan untuk antisipasinya, tidak jarang gitaris membawa kabel jek sendiri.

Kedua adalah senar gitar yang mudah putus. Tidak jarang karena bersemangat menggunakan gitar elektrik di atas panggung untuk menghibur penonton, gitaris memetik senar gitar terlalu kencang sehingga membuat senar menjadi putus. Untuk mengatasi atau menghindari masalah tersebut maka mau tidak mau Anda harus mengganti senar secara berkala agar senar tidak berkarat dan mudah putus dan tidak menyetem secara manual di atas panggung. Anda bisa menggunakan tuner atau mute untuk menyetem gitar sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan.

Baca Juga:Ini Dia Kelebihan yang Ditawarkan dari Jenis Gitar Elektrik

Ketiga adalah membuka volume ampli secara maksimal. Kesalahan ini biasanya terjadi ketika sound check atau memasang peralatan yang lainnya dan umumnya terjadi saat indoor. Ketika gitaris selesai untuk mengeset ampli, monitor umumnya belum terbuka sehingga menyebabkan suara gitar menjadi pelan dan kesalahannya adalah para gitaris tersebut memutar knop secara ekstrim sehingga menyebabkan setting balancing sound yang sudah diatur oleh sound engineer FOH atau front of House menjadi berantakan. Hasilnya, suara yang dihasilkan menjadi tidak beraturan dan tidak enak untuk didengarkan. Jikapun saat Anda mengecek ada yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, maka sebaiknya konsultasikan dengan FOH agar pengaturan yang sudah dilakukan tidak berantakan.

Keempat adalah mempergunakan adaptor yang murahan misalnya yang 15 ribu dapat 4. Adaptor yang murahan bisa menjadi masalah besar. Hal ini disebabkan karena tegangan arus yang tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaan gitar elektrik sehingga menyebabkan IC power efek menjadi rusak dan hasilnya akan mempengaruhi output suara yang jelek karena noise yang berlebih. Kerusakan akan semakin parah jika Anda menggunakan kabel tipis karena bisa menyebabkan masalah lainnya misalnya kabel putus dan suara yang dihasilkan nyala mati secara terus menerus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *