Berinternetan saat ini sudah menjadi hal yang dilakukan oleh setiap orang sehari-hari. Untuk bisa browsing atau surfing di dunia internet maka Anda harus memiliki jaringan internet lebih dahulu. biasanya untuk berinternetan membutuhkan wifi router ataupun modem namun saat ini Anda bisa menggunakan wifi portable dari smartphone atau tethering untuk bisa mengkoneksikan jaringan internet dari ponsel Anda ke komputer atau ke gadget yang lainnya yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi.

Tethering atau portable wifi sendiri adalah fitur dari smartphone untuk portable hotspot sehingga menjadikan smartphone tersebut sebagai wifi atau gateway untuk koneksi internet. Lewat cara tersebut Anda bisa membuka akses dari komputer ke smartphone tanpa harus menggunakan wifi dari router yang terpasang. Anda hanya perlu untuk mengaktifkan tethering pada smartphone dan nantinya gadget atau komputer Anda bisa terkoneksi dengan internet setelah Anda memasukkan kata sandi keamanan.

Dengan menggunakan wifi portable dari lewat ponsel pintar ini ada kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan. Keunggulan yang pertama adalah Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk terkoneksi dengan internet sehingga lebih praktis. Setelah internet terkoneksi maka Anda bisa berinternetan seperti biasanya. Kedua adalah hemat paket data. Anda tidak butuh lagi mengisi paket data untuk modem atau untuk mifi karena Anda butuh paket data yang terpasang di ponsel pintar Anda dan bisa Anda gunakan untuk smartphone Anda dan untuk internetan dengan komputer Anda.

Keunggulan lainnya dari tethering hotspot dari smartphone adalah:

Baca Juga: Router Wifi Portable, Jaringan Internet Kuat dan Cepat

  • Port USB di komputer bisa terhindar dari kontak panas yang umumnya disebabkan karena modem yang terpasang di komputer tersebut.
  • Anda tetap bisa untuk membawa ponsel tersebut kemana saja dalam jarak tertentu sehingga komputer Anda tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Anda tetap bisa berinternetan dengan ponsel Anda.
  • Smartphone mempunyai bandwidth kecepatan transfer data tinggi baik untuk 3G, HSPA, 4G LTE yang akan membuat Anda lebih nyaman saat berinternetan dibandingkan dengan modem yang memiliki bandwidth terbatas.

Namun kekurangan dari wifi smartphone atau tethering hotspot yaitu:

  • Bisa berimbas pada panas pada smartphone sehingga dapat memberikan dampak yang kurang bagus untuk ponsel Anda yang bekerja terlalu keras untuk mentransfer data.
  • Koneksi data internet kurang stabil jika dibandingkan dengan menggunakan modem karena jaringan internet juga dipengaruhi oleh jaringan yang ditangkap oleh ponsel dan kondisi ponsel sendiri.
  • Baterai ponsel akan menjadi lebih cepat habis sehingga Anda harus sering mencharger. Jika hal tersebut sering dilakukan maka akan berdampak pada baterai ponsel.

Dari kelebihan dan kekurangan tethering hotspot tersebut, Anda bisa memilih dan menilai sendiri apakah akan menggunakan smartphone sebagai wifi portable, modem atau mifi untuk koneksi internet Anda. Semoga bermanfaat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *