Lampu dipergunakan untuk sarana penerangan sehingga saat malam hari atau berada di tempat yang gelap, Anda tetap bisa melihat dengan baik misalnya berjalan. Ada beragam jenis lampu yang bisa dipilih dan digunakan salah satunya adalah jenis lampu LEDLampu light emitting diode tersebut termasuk sebagai jenis lampu semi-konduktor yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Walaupun jenis lampu ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis lampu neon, namun masyarakat tetap memilih jenis penerangan LED ini untuk digunakan di rumahnya karena beberapa alasan.

 Ini yang Menjadi Alasan Lampu LED Banyak Dipilih Masyarakat

Pertama adalah lebih hemat energi. Semakin hemat energi listrik yang dipergunakan maka tagihan listrik yang ada di rumah Anda juga semakin sedikit sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan yang lainnya. Jenis lampu semi konduktor ini lebih hemat hingga 80-90% jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya yang bukan LED. Karena hemat listrik, jenis lampu ini bahkan bisa menyala dengan baik hanya dengan menggunakan aki ataupun tenaga listrik mikrohidra yang mempergunakan turbin dan tenaga air.

Kedua adalah awet. Sebanding dengan harga lampu LED yang cukup mahal, jenis lampu ini memiliki ketahanan yang cukup lama. Jika dibandingkan dengan jenis lampu pijar biasa yang hanya bertahan hingga 1000 jam pemakaian, jenis penerangan LED ini bahkan bisa bertahan hingga 50.000 jam. Sehingga lampu tersebut lebih awet hingga 50 kali atau jika digunakan seharinya selama 10 jam, bisa bertahan hingga 15-20 tahun. Karena hal tersebut, walaupun Anda harus mengeluarkan banyak uang di awal, namun karena tidak perlu membeli lampu lagi dan lagi, maka Anda bisa lebih hemat untuk jangka panjang.

Baca Juga:4 Keuntungan Menggunakan Jenis Lampu LED

Ketiga adalah cahaya yang tidak mengandung UV atau ultra violet. Jenis lampu ini tidak mengandung sinar UV yang tidak hanya bisa merusak kulit namun juga bisa merusak mata apalagi jika melihat terlalu lama. Walaupun Anda tidak akan merasakan efeknya dalam jangka waktu dekat, namun, kerusakan karena paparan sinar UV akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

Alasan yang lainnya mengapa masyarakat memilih dan menggunakan lampu LED untuk digunakan di rumah atau di kantor yaitu:

  • Cahaya yang dihasilkan tidak panas. Karena hal tersebut, maka ruangan atau tempat yang diterangi dengan menggunakan penerangan LED tersebut menjadi tidak mudah panas dan hal tersebut berbanding terbalik dengan penggunaan lampu neon atau lampu pijar.
  • Ramah lingkungan. Hal ini disebabkan lampu ini tidak mengandung zat mercuri sehingga tidak hanya tidak mengganggu kesehatan manusia namun juga tidak merusak lapisan ozon. Jika kandungan mercuri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia misalnya dari pernafasan maka bisa mengganggu pernafasan Anda dan jika dibiarkan bisa semakin merusak tubuh Anda.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *