Salah satu jenis perabotan rumah moderen yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang adalah kompor elektrik atau biasa dikenal dengan sebutan kompor listrik. Ada banyak sekali desain dan model kompor listrik yang sudah dijual luas di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukannya diberbagai toko perabot rumah tangga maupun toko online. Biasanya jenis kompor yang satu ini terbuat dari material berupa keramik atau kaca. Jadi saat Anda ingin membersihkannya setelah memasak, usahakan untuk menggunakan cairan pembersih khusus kaca atau keramik supaya desain luar kompor tetap terlihat bagus dalam jangka panjang.

Inilah Cara Merawat Kompor Elektrik yang Paling Benar dan Tepat  

Saat sedang memasak, beberapa makanan yang tumpah memang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, tumpahan makanan tersebut dapat membuat kompor menjadi kotor, bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, segera bersihkan kotoran yang ada pada kompor supaya tidak jadi noda membandel. Selain hal tersebut, di bawah ini ada beberapa cara merawat kompor listrik yang paling benar dan harus Anda lakukan jika ingin mempunyai kompor listrik yang awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan kualitas yang selalu baik, antara lain:

 

  • Membersihkan permukaan kompor secara teratur.

Setelah Anda gunakan untuk memasak, selalu bersihkan kompor listrik Anda dengan menyemprotkan cairan khusus pembersih kompor sesuai dengan material kompor elektrik tersebut. pastikan kompor Anda sedang tidak terhubung pada aliran listrik, kemudian lap cairan tersebut menggunakan kain micro fiber sampai permukaan kompor kembali kering.

  • Membaca buku panduan penggunaan.

Biasanya saat Anda membeli sebuah kompor baru, didalamnya terdapat sebuah buku panduan penggunaan. Sebagai langkah perawatan yang baik, bacalah buku panduan penggunaan kompor listrik dengan teliti dan terapkan pada saat Anda menggunakan kompor nantinya.

  • Memperhatikan waktu memasak.

Umumnya memasak menggunakan jenis kompor listrik mampu membuat masakan Anda matang lebih cepat daripada jenis kompor biasa. Oleh karena itu, setelah Anda mengetahui hal tersebut selalu pantau saat Anda sedang memasak dan jangan meninggalkan terlalu lama.

  • Meletakan ditempat yang baik.

Usahakan untuk selalu menempatkan kompor listrik Anda ditempat yang aman. Seperti tempat yang tidak terlalu sempit dan pada ruangan dengan suhu yang tidak terlalu panas. Selain supaya Anda tetap bisa meletakan peralatan masak pada lempengan kompor, menempatkan kompor listrik dengan baik juga sebagai tindakan keamanan untuk Anda sendiri supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika kondisinya ada sebuah noda membandel yang melekat kuat pada permukaan kompor, maka Anda harus menggunakan scraper untuk mengorek noda tersebut dengan hati-hati supaya tidak terjadi goresan pada permukaan kompor. Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan dan merawat kompor elektrik yang paling benar, Anda bisa menjadikannya referensi dan menerapkannya saat menggunakan kompor listrik dirumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *