Hobi seseorang memang berbeda dengan satu sama lain, dan juga sekarang ini sudah banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dijadikan sebagai hobi masyarakat Indonesia. Akhir-akhir ini, kebanyakan dari masyarakat Indonesia sedang tertarik dengan dunia fotografi. Tidak sedikit dari mereka yang mulai menekuninya dengan serius, yaitu dengan membeli kamera dan juga beberapa perlengkapan fotografi lainnya. Kamera memang merupakan benda yang sangat penting dalam dunia fotografi, namun bagian terpentingnya ada pada lensa kamera yang digunakan. Kualitas foto akan lebih baik jika menggunakan lensa yang memiliki kualitas baik dan juga yang memiliki kemampuan yang lebih besar. Jenis kamera yang memang saat ini banyak dipilih oleh para pecinta fotografi ini adalah kamera DSLR. Hal tersebut dikarenakan kemampuan dalam mengambil gambar dan juga hasil gambarnya kebanyakan sangatlah bagus. Namun, jika lensa yang digunakan tidak berada dalam kondisi prima dan baik, maka sama saja hasil foto akan tidak baik. Untuk itu, rawat dan bersihkanlah lensa tersebut dengan menggunakan beberapa cara ini:

Jangan Biarkan Lensa Kamera Anda Cepat Rusak, Terapkan Tips Cerdas Ini!

  • Alat Pembersih Khusus

Jika Anda takut kalau membersihkannya secara biasa, yaitu layaknya sedang membersihkan suatu kaca akan merusak dan mengurangi performa dari lensa tersebut, maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan alat khusus. Anda bisa memakai kain microfiber atau memilih menggunakan sikat blower, dan juga dilengkapi dengan penggunaan cairan pembersih khusus lensa yang bisa Anda beli di toko yang menjual peralatan untuk kamera. Dengan ini, pastinya lensa akan selalu memberikan performa yang baik.

  • Casing

Tidak hanya lensa kamera saja yang Anda perhatikan, namun Anda juga perlu memperhatikan casing atau badan dan penutupnya. Bersihkan bagian tersebut secara teratur, meski Anda memakainya atau tidak. Hal ini dapat mengurangi kadar debu, minyak, dan kotoran lain yang menempel pada lensa dan juga casingnya. Jika selalu dibersihkan, maka hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai penghambat atau bagian pelindung untuk lensa Anda.

  • Kain

Anda tidak memilih peralatan khusus untuk membersihkan bagian vital tersebut, maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain dan air. Namun, perhatikan jenis kain yang Anda gunakan. Usahakan untuk memakai kain yang bertekstur lembut lalu dibasahi sedikit dengan air. Kemudian, Anda pun dapat membersihkannya dengan baik. Memang hal ini tidak terlalu dianjurkan dan akan lebih baik untuk memakai kain microfiber saja untuk membersihkan kotoran dan juga debu.

  • Lensa Filter

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan agar lensa kamera tetap dalam keadaan baik sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengambil gambar dengan baik dan menghasilkan gambar yang juga berkualitas adalah dengan menggunakan filter. Hal tersebut dapat berguna untuk melindungi bagian depan lensa agar tidak mudah rusak atau pun lecet atau mengalami beberapa masalah lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *