Saat ini sudah banyak alat yang bisa dimanfaatkan agar bisa lebih mudah untuk memasak misalnya food steamerPeralatan masak ini pada dasarnya memiliki cara kerja seperti panci kukus atau dandang. Perbedaannya antara peralatan tersebut adalah jika steamer makanan menggunakan sumber energi dari listrik agar bisa menghasilkan uap panas, sedangkan jika panci atau dandang kukus mengharuskan Anda untuk menggunakan kompor agar bisa mengukus atau memanaskan makanan yang akan dikonsumsi.

 Jenis Food Steamer dan Plus Minusnya

Pada dasarnya steamer makanan ini memiliki 2-3 layer. Nantinya, layer paling bawah bisa anda pergunakan untuk mengukus makanan yang paling susah atau membutuhkan waktu lama untuk matang, misalnya wortel sedangkan yang paling atas adalah makanan yang paling cepat matang misalnya brokoli. Waktu kukus bisa diatur dengan menggunakan timer yang ada di peralatan masak tersebut. Agar bisa maksimal dalam penggunaannya, maka Anda harus mengikuti buku petunjuk karena setiap alat memiliki cara pakai yang berbeda. 

Ada beberapa jenis steamer makanan. Pertama adalah basic food steamer. Jenis steamer ini memiliki 2-3 layer yang bisa dipergunakan untuk mengukus. Steamer makanan ini tidak hanya bisa dipergunakan untuk keperluan memasak di rumah namun juga bisa dipergunakan untuk industri kecil. Biasanya beberapa steamer jenis ini dilengkapi juga dengan adanya aroma infuser yang memungkinkan Anda untuk memberikan aroma tertentu tanpa harus merubah rasa makanan tersebut.

2 jenis lainnya adalah: 

  • Steamer makanan untuk bayi yang menyerupai mini rice cooker dan jenis steamer ini BPA free. Bedanya dengan yang basic adalah jenis steamer makanan ini hanya punya 1 layer kukusan saja.
  • Steamer untuk telur. Di bagian dalam steamer terdapat ceruk yang fungsinya adalah untuk meletakkan telur dan biasanya hanya mampu menampung hingga 5-6 telur. Ada beberapa steamer yang juga dilengkapi dengan teflon agar Anda bisa menggoreng telur.

Food steamer sendiri memiliki keunggulan dan kekurangannya, diantaranya adalah:

  • Kelebihan:
  • Mampu menjaga nutrisi dari makanan tersebut karena diolah dengan cara dikukus.
  • Rasa dan aroma tidak tercampur sehingga tidak mengurangi nafsu makan terutama jika Anda mengukus bahan makanan yang memiliki bau yang tajam.
  • Bebas dari minyak sehingga lebih sehat dan cocok untuk Anda yang sedang diet.
  • Kekurangan:
  • Memiliki harga yang mahal karena di pasaran saat ini steamer makanan ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 500 ribu hingga 4 jutaan.
  • Butuh daya listrik yang tinggi sehingga Anda harus siap-siap jika tagihan listrik Anda meningkat. Daya listrik yang dibutuhkan kurang lebih 900 watt dan waktu untuk mengukus adalah sekitar 30 menit sehingga pastikan jika daya listrik di rumah Anda cukup untuk menggunakan alat elektronik ini.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *