Saat ini led TV jenis LCD menjadi pilihan masyarakat karena lebih hemat listrik dan harganya terjangkau. Berbeda dengan jenis panel OLED dan plasma, pada jenis LCD panel tidak menghasilkan cahaya sendiri oleh sebab itu dibutuhkan cahaya di belakang filter (warna hijau, biru dan merah) yang disebut backlight. Berikut ini beberapa jenis backlight pada panel TV LCD. Namun sebelumnya kita akan membahas secara singkat apa itu teknologi LCD.

Seputar Teknologi LCD

Televisi LED yang kita kenal saat ini sudah dilengkapi liquid crystal display (LCD) yaitu panel dibagian depan dan bagian belakang sebagai sumber cahaya. LCD panel tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri, itu sebabnya dibutuhkan sumebr cahaya khusus agar bisa menghasilkan gambar. Istilah sumber cahaya yang disimpan di belakang panel LCD dikenal dengan sebutan atau istilah backlit.

Jenis-Jenis Panel TV LCD

  • Edge-Lit

Panel TV LCD jenis edge lit menggunakan metode pencahayaan yang datangnya dari pinggir panel. Kemudian cahaya akan menyebar ke seluruh panel sehingga menyebabkan konten gambar pada panel terlihat secara menyeluruh. Kelemahannya pada jenis led TV LCD ini adalah jika cahaya tidak menyebar dengan baik, kualitas gambarnya menurun dan terlihat gelap.

  • Edge-Lit Local Dimming

Jenis LVD ini dibuat untuk menyempurnakan metode pencahayaan jenis LCD edge lit. untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, edge lit local dimming akan otomatis menditeksi bagian konten yang gelap pada panel kemudian akan meredupan cahaya LED sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangannya pada jenis backlight panel LCD ini adalah saat menampilkan cahaya terang ditengah-tengah daerah yang gelap. Tipe pencahayaannya akan terlihat samar-samar menampilkan cahaya berupa garis lurus dari pinggir layar ke arah bulan.

  • Direct Lit

Hampir semua backlight panel menggunakan meode direct lit. yaitu LED disusun di semua bagian belakang panel LC sehingga tampilan pada gambar di panel menjadi terlihat. Metode pencahayaan ini umumnya tidak dilengkapi dengan proses peredupan cahaya secara individual,bisanya pencahayaan memiliki warna yang beraam yang lebih baik dibandingkan dengan edge lit. namun pada jenis ini rasio kontrasnya kurang bagus.

  • Full Array Local Dimming

Pencahayaan menggunakan metode ini bisa dibilang merupakan metode terbaik karena menawarkan performa yang mirip dengan panel plasma. Seperti halnya pada metode pencahayaan direct lit, lampu LED disimpan di belakang panel LCD. Perbedaannya setiap LED akan redup atau mati di area gelap. Oleh sebab itu gambar yang dihasilkan lebih tajam dengan kontras rasio yang tinggi.

Oleh sebab itu led TV yang menggunakan metode backlight seperti ini harganya lebih mahal dan hanya ada di televisi high end.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *