Sound system merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengolah sinyal suara dari suatu benda dan diteruskan kepada benda lain agar suara tersebut mempunyai kekuatan suara yang dapat untuk meningkat. Sound system tersebut mempunyai banyak sumber yang bisa dipilih dari misalnya organ tunggal, gitar listrik, dan banyak lainnya. Pelengkap untuk sound system terbaru tersebut juga ada bermacam-macam dari input transducer yang merupakan alat untuk dapat menangkap bunyi dari sumbernya seperti microphone, laptop, pc, dan keyboard, guitar spool, dan lainnya kemudian akan diolah oleh pengolah sinyal audio yaitu power amplifier dan pre amplifier.

Ada beragam alat proses tambahan lainnya seperti equalizer, audio, sound fx, audio distributor. Sedangkan untuk output alat sound system ini adalah dari loudspeaker dan juga horn drive yang bisa dipilih tergantung kebutuhan. Ketika akan membeli sound system terbaru di pasaran, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih dari jenis sound system tersebut. Ada beragam jenis sound system yang ada di pasaran dan dapat dibedakan misalnya dari fungsi yang diberikan oleh alat ini. Beberapa jenis sound system yang dapat dipilih berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut ini:

  • Sound system personal audio

Jenis sound system pertama yang dapat dipilih dari fungsinya tersebut adalah personal audio. Dimana jenis yang ini dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan pribadi saja seperti alat-alat yang sudah dikenal selama ini yaitu headphone, ear monitor, earphone, dan banyak jenis lainnya. Produk-produk tersebut adalah produk yang termasuk ke dalam sound system personal audio dimana mempunyai ciri khas yang mempunyai bentuk yang kecil, praktis, dan hanya bisa didengarkan oleh diri sendiri saja sehingga disebut sebagai personal audio.

 Cari tau selengkapnya tentang dunia elektronik termasuk sound system di kabarelektronik.com

  • Sound system home audio

Adalah jenis kedua yang merupakan sound system yang dapat untuk didengarkan sendiri tetapi juga bisa dinikmati atau didengarkan oleh orang lain di ruangan tersebut. Walaupun mempunyai fungsi yang lebih dari sound system sebelumnya, tetapi kekuatan suara dari jenis yang ini masih belum maksimal dan hanya cocok untuk dipilih oleh penggemar musik yang dapat digunakan untuk perangkat karaoke yang ada di rumah, audiophile, dan juga bisa dipasang di home stereo. Tetapi tetap saja dari jenis sebelumnya, jenis ini lebih unggul dengan suara yang dihasilkan akan lebih jernih.

  • Sound system pro audio

Untuk jenis sound system selanjutnya adalah pro audio yang biasanya digunakan untuk mengiringi konser di lapangan begitu juga di ruangan, untuk seminar, audio dalam pertunjukan dan festival, dan berbagai acara lainnya yang memungkinkan untuk mengirim suara yang lebih keras dan bisa didengarkan oleh banyak orang. Untuk jenis sound system terbaru dari fungsi yang terakhir ini juga akan mempunyai harga yang lebih mahal daripada jenis sebelumnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *