Seorang ibu memang memiliki peran penting dalam kehidupan rumah tangga, mulai dari memasak, mencuci, membersihkan rumah, menyetrika, dan masih banyak lagi. Salah satu kegiatan yang paling vital adalah memasak. Oleh karena itu keberadaan alat memasak sangat diperlukan. Seperti kompor elektrik yang kian hari penggunaannya kian meningkat.

Keberadaan Kompor Elektrik Sangat Membantu Kebutuhan Memasak

Kompor Praktis Pilihan Ibu Rumah Tangga

Kompor ini menjadi alat pilihan yang digunakan memasak oleh banyak orang. Apa pun masakan yang dibuat dengan menggunakan kompor ini akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Ibu lebih bisa hemat energi serta lebih meminimalisir kotornya dapur. Namun, tidak semua peralatan bisa digunakan bersama kompor ini, Anda harus mengetahui bahan-bahan yang cocok dan yang tidak cocok.

Seperti Apa Sih Kompor Elektrik?

Jika Anda masih awam tentang kompor ini, maka pemahaman awal harus Anda ketahui. Kompor ini akan menciptakan reaksi elektromagnetik antara alat masak dengan area kompor. Dari reaksi tersebut kemudian menyebabkan panas pada alat yang digunakan. Bisa dijamin ketika Anda menggunakan kompor ini justru bisa lebih aman, hemat energi, dan cepat. Kompor ini hanya bisa digunakan untuk bahan yang terbuat dari stainless atau besi dengan alas datar. Anda bisa mencoba kecocokannya dengan menempelkan pada area kompor, jika menempel maka alat memasak Anda sesuai dengan kompor. Kini, harga kompor ini juga kian terjangkau.

Kelebihan yang Dimiliki Kompor

  • Kompor elektrik bisa bekerja dengan sangat cepat dibandingkan dengan kompor gas sehingga menjadi pilihan yang efisien, hemat biaya, serta waktu.
  • Suhu kompornya pun cukup presisi yang mempermudah Anda memasak masakan yang membutuhkan suhu stabil.
  • Reaksi elektromagnetik membuatnya menjadi lebih cepat panas namun tidak akan membuat suhu ruangan ikut panas seperti kompor gas.
  • Anda bisa meminimalisir kecerobohan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala karena kompor tidak akan membuat panas jika tidak ada panci di atasnya.
  • Kompor ini juga mudah dibersihkan dan menambahkan estetika dapur Anda.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kompor Elektrik

Anda bisa mempertimbangkan ukuran kompor. Untuk yang paling kecil memiliki diameter 30 cm dengan dua zona memasak, paling besar berukuran 90 cm sedangkan yang paling umum digunakan adalah 60 cm. Pertimbangan zona memasak pada kompor elektrik yang bisa memberikan ruang kepada Anda, ukuran 60 cm memiliki 4 zona.

Jika diameter lebih besar lagi maka zona memasak juga lebih banyak. Pilih kompor dengan kontrol sentuh agar mudah pembersihan dan pengoperasiannya dan memiliki pendeteksi ukuran panci. Anda juga bisa memilih kompor dengan fitur child lock untuk menjaga keamanan, fitur timer untuk mengontrol kapan kompor mati, fitur boost mempercepat proses memasak dalam ukuran besar dan fitur mati otomatis ketika air sudah mendidih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *