Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang banyak menerima tugas dengan sumber dari internet, pastinya kebutuhan akan kuota menjadi semakin besar dibandingkan dengan penggunaan orang awam lainnya. Kebutuhan internet bisa terbagi menjadi 2 yaitu untuk isian modem Anda dan smartphone yang digunakan setiap harinya. Namun sekarang ini dengan adanya wifi mobile penggunaan kuota internet dapat dihemat dengan cara yang lebih praktis dan mudah.

Perangkat wifi adalah sebuah perangkat yang memungkinkan sinyal internet untuk disebarkan sehingga bisa ditangkap untuk beberapa perangkat sekaligus. Dahulu kebutuhan wifi hanya bisa didapatkan dari provider terbesar di Indonesia dengan menggunakan line telepon rumah yang kemudian diteruskan sinyalnya oleh wifi adaptor. Namun kelemahan penggunaan perangkat ini adalah tidak bisa dipindahkan karena menggunakan kabel telepon yang tertanam di rumah bahkan terkoneksi dengan nomor telepon rumah.

Namun kini dengan adanya perangkat wifi mobile yang dapat menyebarkan koneksi internet tanpa kabel semakin memudahkan para mahasiswa untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan internnya tanpa membeli beberapa kuota internet. Perangkat mobile untuk wifi memiliki bentuk seperti flash disk dimana di dalamnya terdapat slot untuk memasukkan kartu sim card sebagai sumber kuota internet. Dari kuota itulah sinyal internet akan disebar dalam bentuk wifi yang bisa ditangkap oleh beberapa gadget di sekitarnya.

Sama seperti penggunaan wifi yang lain, gadget-gadget yang ingin terhubung sehingga bisa terkoneksi internet harus memasukkan password yang sama dengan inputan password yang telah ditanamkan. Dalam hal inilah keamanan wifi bisa diatur sehingga tidak semua perangkat dapat mencuri kuota internet Anda. Caranya adalah dengan mengatur pilihan mode keamanan ketika pertama kali mengkoneksikannya ke komputer atau laptop. Isikan password sesuai dengan kehendak Anda kemudian hanya berikan password tersebut ke gadget atau orang-orang yang Anda izinkan memakai internet Anda. Dengan begitu, meski wifi Anda terdeteksi oleh gadget disekitarnya namun jika pemilik gadget tersebut tidak mengetahui password yang Anda aturkan maka ia tidak akan bisa menggunakan koneksi tersebut untuk gadgetnya.

Itulah kelebihan menggunakan wifi mobile dibandingkan penggunaan wifi kabel untuk para mahasiswa terutama mereka yang tinggal di kamar sewa. Kebutuhan kuota para mahasiswa juga dapat dihemat karena bisa menggunakan satu kartu untuk beberapa perangkat sekaligus sehingga masa aktif kuota bisa dimaksimalkan. Harga perangkat wifi portable ini juga terjangkau dan tak jauh berbeda dari harga modem yang dahulu banyak digunakan oleh mahasiswa atau masyarakat umum. Bentuknya juga kompak sama seperti modem, meski di beberapa jenisnya menggunakan antena sebagai pemancar sinyal wifi. Belilah perangkat wifi yang memiliki masa garansi agar Anda bisa mudah mendapatkan layanan pasca jualnya ketika mengalami gangguan seperti kurang maksimalnya penyebaran sinyal internet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *