Penggunaan kompor induksi kini semakin lumrah ditemui bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Sebab desainnya memang cantik dan cocok untuk dapur dengan desain yang modern, meskipun kompor jenis ini juga punya beberapa kekurangan. Namun menjadikannya sebagai pilihan tetap menarik untuk dilakukan apalagi setelah ditimbang karakter kompor jenis ini memang cocok dengan kondisi dapur dan kebiasaan Anda saat memasak. Menimbang kelebihan dan kekurangan dari kompor jenis ini jelas sangat penting untuk mencegah kekecewaan dan penyesalan di kemudian hari.

Kenali 4 Keunggulan Kompor Induksi Dulu Sebelum Membelinya

Keunggulan Kompor Jenis Induksi

Apalagi harga dari kompor induksi ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kompor gas, meski begitu dengan harga tersebut Anda bisa merasakan keunggulan ini:

  • Kemudahan saat mengatur suhu,

Kompor jenis ini tetap memiliki tombol putar untuk menyalakan dan mematikan serta mengatur suhunya. Berhubung memakai listrik maka sistem pemanasan tungku tidak berbeda dengan setrika namun jauh lebih cepat. Jadi usai dinyalakan suhu yang diinginkan bisa langsung didapatkan, dan pengaturan suhunya menjadi praktis. Resiko menjadikan masakan gosong saat di tinggal sebentar bisa ditekan karena suhunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Lebih aman,

Meskipun tungkunya bisa menjadikan panci, wajan, dan piranti masak lain menjadi panas yang bisa mematangkan bahan makanan mentah dan air. Namun ketika dipegang atau disentuh tangan maka tidak akan merasakan sensasi panas sedikit pun jadi berbeda dengan setrika. Suhu yang terpusat dan diatur hanya memanaskan logam dari piranti masak menjadikannya sebagai kompor yang aman bebas resiko kebakaran. Minimnya api memperkecil resiko adanya loncatan api dari tungku dan tidak ada resiko tangan terbakar.

  • Menjadikan dapur lebih sehat,

Keunggulan menarik dari kompor jenis induksi ini adalah kemampuannya untuk menjadikan dapur lebih sehat. Bisa demikian karena kompor ini tidak menghasilkan api yang artinya tidak menghasilkan asap sehingga udara di dapur tetap bersih. Anda bisa merasa lebih nyaman meski berkutat di dapur sepanjang hari dengan aneka bahan makanan dan resep masakan. Sebab kompor jenis ini memastikan udara tetap bersih dan resiko tangan terbakar juga sangat kecil. Jadi tidak ada salahnya menimbang untuk membelinya ketimbang kompor konvensional.

  • Lebih mudah dibersihkan,

Permukaan dari kompor jenis ini didesain rata seperti permukaan kaca yang tentunya membuat kompor ini mudah dibersihkan. Cukup memakai lap yang sudah diberi sedikit air dan Anda bisa mendapatkan kompor yang bersih seperti baru. Tidak perlu pula menggunakan cairan pembersih khusus kecuali jika memang dibutuhkan, misalnya karena mengolah menu yang berlemak. Meskipun mudah dibersihkan dengan karakter kompor induksi yang permukaannya rata membuat piranti masak yang bisa dipakai terbatas, yakni yang dasarnya juga rata seperti teflon.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *