Teknologi televisi berlayar datar, kini memang sudah membanjiri bahkan dapat dikatakan merajai pasaran televisi Indonesia. Televisi jenis tabung, yang dahulu banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, kini seakan mulai ditinggalkan dan beralih ke teknologi televisi layar datar. Jenis televisi layar datar yang pertama kali muncul dan mampu menggeser kepopuleran televisi tabung adalah LCD TV. Selain memiliki bentuk yang lebih simple dengan desain rata, televisi jenis layar datar ini memiliki berbagai kelebihan dalam hal teknologi jika dibandingkan dengan televisi tabung yang populer sebelumnya.

Jika untuk pertama kalinya televisi jenis LCD ini memiliki banderol harga yang memang cukup mahal, namun kini semakin kesini, semakin banyak bermunculan para produsen televisi LCD, yang menawarkan harga tidak hanya terjangkau, namun juga membesutkan berbagai teknologi menarik didalamnya, seperti HD dan Full HD, sehingga mampu memanjakan mata para penikmat televisi. Tidak hanya itu bahkan berbagai port yang memungkinkan para pemilik televisi untuk menghubungkannya dengan media lain pun telah banyak dibesutkan dalam jenis televisi yang satu ini.

Berikut ini ringkasan singkat mengenai keunggulan LCD TV, yang saat ini banyak digunakan sebagai televisi yang ada dalam sebuah rumah tangga, yang antara lain adalah

  • Memiliki gambar dengan hasil warna yang lebih mendekati realistis.
  • Memiliki teknologi anti glare, yang menghasilkan tampilan gambar tanpa bayangan.
  • Tidak menimbulkan radiasi apapun, sehingga aman untuk digunakan.
  • Hanya membutuhkan daya listrik yang kecil, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dalam rumah tangga.
  • Memiliki port USB, yang memungkinkan para pemiliknya untuk dapat mendengarkan musik ataupun menonton film, melalui media penyimpanan berport USB.
  • Tersedia dalam berbagai ukuran, yang memungkinkan para penggunanya dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dalam rumah mereka.

Selain keunggulan diatas, televisi jenis layar datar ini, juga memiliki fungsi yang multi, dimana televisi layar datar ini juga dapat digunakan sebagai monitor komputer. Dalam televisi jenis layar datar ini, terdapat port khusus yang digunakan sebagai penghubung antara televisi dengan komputer. Jika LCD berukuran besar, maka dimungkinkan LCD ini bahkan dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan presentasi berbagai pekerjaan, dalam sebuah situasi tertentu.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, LCD TV ini juga tidak luput dari beberapa kelemahan, mengingat saat ini banyak beredar berbagai jenis televisi layar datar lainnya, yang diproduksi dengan teknologi yang lebih canggih. Namun demikian, jika hanya difungsikan sebagai sebuah media televisi untuk menerima berbagai saluran televisi, TV LCD ini sudah memiliki keunggulan yang memang diperlukan untuk melihat dan menikmati berbagai siaran televisi. Hanya dengan modal dibawah 1 juta rupiah saja, Anda sudah dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas yang memadai dengan menggunakan televisi LCD.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *