Kompor penting dalam kehidupan sehari-hari, namun memilih tungku yang sempurna untuk rumah Anda sendiri dapat sedikit merepotkan, ada banyak berbagai pilihan yang tersedia untuk pemilik rumah. Sementara kompor gas mendapatkan popularitas karena kelebihannya, mereka juga memiliki beberapa kelemahan untuk dipertimbangkan. Setiap rumah tentunya akan memiliki kompor dibagian dapurnya, karena memang kompor menjadi peralatan dapur yang tidak boleh diabaikan.

 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kompor Gas

Peran dari kompor memang memiliki peran yang sangatlah penting untuk memasak makanan. Di pasaran juga menyuguhkan banyak pilihan kompor yang dapat untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Semakin modernnya jaman, maka kompor yang digunakan tidak lagi kompor yang menggunakan minyak tanah, akan tetapi sudah ada kompor dengan gas yang dapat digunakan lebih praktis dan lebih mudah, karena hanya tinggal memencet tombol maka sudah keluar api secara otomatis. 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan sebelum memilih kompor gas, yaitu:

Kelebihan:

  • Kenyamanan dan kebersihan.

Kompor dengan gas ini akan terasa lebih nyaman pada saat digunakan. Mereka cepat dan mudah untuk memulai, langsung muncul saat Anda mengaktifkannya. Tidak seperti kompor kayu dan pelet, rentang gas tidak perlu dibersihkan secara menyeluruh. Menyeka sisi pembakar setelah setiap penggunaan atau bahkan pada interval tertentu sudah cukup untuk menjaga kompor bersih.

  • Presisi.

Karena Anda menyesuaikan api yang dihasilkan oleh kompor dengan pergantian kenop, mengubah suhu panas lebih dapat dikontrol dan tepat dibandingkan dengan melakukannya dengan kompor listrik. Banyak kompor listrik hanya memiliki pengaturan suhu rendah, sedang dan tinggi, dan karena itu dapat lebih sulit digunakan untuk memasak.

  • Biaya operasional.

Kompor ini didukung oleh gas alam atau propana dan tidak perlu listrik untuk menghasilkan api.

  • Listrik padam.

Karena kompor tidak beroperasi dengan listrik, Anda masih dapat menggunakannya untuk memasak bahkan jika listrik padam.

Kekurangan:

  • Keamanan.

keamanan menjadi perhatian besar. Kompor ini perlu diperiksa dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran gas, yang berpotensi menyebabkan kebakaran yang tidak terduga. Sehingga saat Anda akan meninggalkan rumah maka Anda harus memeriksa kondisi kompor di dapur terlebih dahulu.

  • Portabilitas.

Kisaran gas berat dan menempati ruang. Mereka tidak memiliki versi portable, yang ada untuk jenis kompor lain, seperti yang beroperasi dengan listrik.

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di atas, maka Anda dapat untuk menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membeli kompor gas. Dengan pertimbangan yang matang, maka Anda tidak akan merasakan kecewa nantinya. Mengingat bahwa kompor adalah perangkat dapur yang memiliki peran utama, maka jangan sampai Anda salah dalam memilihnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *