Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli alat-alat elektronik yang diinginkannya dengan membayar secara cash. Sebagian besar orang harus menabung dalam waktu yang cukup lama demi membeli barang elektronik yang diinginkannya, sehingga mereka harus bersabar hingga uang yang dikumpulkannya benar-benar cukup. Kini, beberapa  perusahaan dan toko elektronik memberikan keringanan bagi para calon pembeli yang ingin memiliki barang elektronik tanpa harus membayar secara cash. Cukup dengan membayar uang muka yang cukup ringan, pembeli sudah bisa membawa pulang alat elektronik yang diinginkannya, dengan kewajiban mencicil kekurangan beayanya pada bulan-bulan berikutnya, sistem jual-beli yang semasam ini disebut dengan sistem kredit. Namun, tidak semua kredit elektronik yang diajukan dapat diterima. Berikut ini adalah kiat dan cara agar kredit yang kita ajukan dapat diterima.

Mencantumkan Identitas yang Benar dan Jelas

Hal paling mendasar yang harus dilakukan oleh seorang calon pengkredit ketika akan melakukan kredit elektronik adalah mencantumkan identitas asli yang jelas, mulai dai KTM hingga alamat yang lengkap. Sebuah perusahaan atau toko elektronik tidak akan pernah memberikan kredit pada orang yang identitas dan alamatnya tidak jelas, sebab sewaktu-waktu jika orang tersebut terlambat membayar atau nunggak cicilan, pihak perusahaan/ toko bisa mendatangi alamat yang tertera. Sebagaimana halnya hutang-piutang, pihak yang meminjam harus memberikan identitas yang jelas sebagai jaminan bahwa ia tidak akan kabur atau tidak akan meninggalkan kewajibannya untuk membayar cicilan.

Memiliki Penghasilan Tetap

Anda harus meyakinkan pihak penyedia layanan kredit bahwa anda benar-benar memiliki penghasilan yang tetap, sebagai jaminan bahwa Anda pasti akan membayar cicilan kredit tersebut setiap bulannya dengan uang penghasilan tetap tersebut. Jika perlu, tunjukkan slip gaji atau pendapatan perbulan kita agar pihak penyedia layanan kredit semakin yakin bahwa kita pasti akan membayar sisa cicilan secara rutin.

Baca Juga:Pengajukan Kredit Electronik Tanpa Uang Muka (DP)

Tidak Pernah Memiliki Masalah Kredit Sebelumnya

Setiap penyedia jasa kredit pasti tidak mau berurusan dengan pengkredit bermasalah, apalagi memiliki track record yang tidak baik dalam hal membayar cicilan. Pastikan bahwa Anda tidak sedang masuk dalam daftar orang yang memiliki masalah dengan penyedia layanan kredit lainnya. Biasanya, pihak penyedia layanan kredit akan melakukan survey terhadap identitas yang kita berikan. Jika identitas kita bermasalah, maka besar kemungkinan kredit yang kita ajukan akan ditolak.

Mau Bekerja Sama dengan Pihak Pemberi Kredit

Hal yang paling penting bagi pihak pemberi kredit adalah, mereka selalu memastikan apakah orang yang mereka beri keringanan untuk melakukan kredit adalah orang yang bisa diajak bekerja sama. Anda harus bersedia bekerja sama dengan pihak pemberi kredit elektronik tersebut, misalnya selalu mengangkat telepon setiap dihubungi, menerima kunjungan mereka ketika bertamu ke rumah, dan hal-hal lain yang intinya meringankan kerja si pihak pemberi kredit sehingga kita sama-sama mendapatkan manfaat, saling membantu dan menguntungkan dari kerja sama tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *