Mesin cuci menjadi salah satu kebutuhan vital di rumah tangga di masa kini. Melihat hal ini produsen produk elektronik berlomba-lomba memproduksi produk yang unggul baik dalam spesifikasi maupun kualitas. Berbagai merek muncul dengan keistimewaan berbeda-beda. Anda harus berhati-hati dan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli. Berikut merupakan tips memilih mesin cuci agar Anda tidak menyesal nanti.

Kiat-kiat Memilih Mesin Cuci yang Awet Tahan Lama

Perhatikan jenis maupun merek mesin cuci

Jenis mesin cuci tergantung dari kebutuhan Anda. Jika untuk keluarga maupun perseorangan gunakan saja Top Load. Sedangkan untuk penggunaan di tempat laundry, Anda dapat menggunakan front load. Jangan lupa untuk memilih mesin cuci dengan merek terpercaya meskipun harganya sedikit lebih mahal karena daya tahan yang lebih baik.

Perhatikan berapa budget

Budget merupakan bahan pertimbangan yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya banyak ibu-ibu yang lebih memilih harga murah. Padahal, dengan harga yang mahal, Anda bisa mendapatkan mesin cuci yang lebih bagus, spesifikasi mumpuni, bahkan bisa jadi mesin tersebut akan lebih awet digunakan.

Space untuk mesin cuci

Perhatikan pula ukuran ruangan tempat Anda meletakkan mesin cuci. Jangan sampai mesin cuci tidak muat di tempat yang telah disediakan karena hal ini mungkin saja menghambat dalam instalasi mesin maupun kegiatan mencuci nantinya.

Pastikan bahan tabung mesin Ramah untuk bahan pakaian

Penggunaan mesin cuci yang ideal adalah sekitar 3 tahun. Untuk itu perlu memperhatikan jenis bahan tabung. Biasanya bahan tabung mesin menggunakan plastik dan stainless steel. Stainles steel tentunya lebih awet ketimbang plastik.

Penggunaan daya pada listrik

Perhatikan daya listrik yang dibutuhkan saat beroperasi. Pastikan daya listrik yang diperlukan sesuai dengan daya di rumah Anda sehingga tidak mengganggu kegiatan rumah tangga lainnya. Apabila daya rumah Anda sekitar 1300 watt, maka menggunakan mesin cuci semi otomatis 2 tabung sangat disarankan.

Perhatikan kebutuhan pengering

Apabila Anda tidak terlalu membutuhkan fitur pengering, lebih baik belilah mesin tanpa pengering. Ini cocok untuk Anda yang suka mencuci secara manual. Selain itu memilih tanpa pengering juga lebih hemat dan menghemat listrik.

Kapasitas mesin cuci

Kapasitas mesin perlu diperhatikan untuk mencegah melakukan pencucian secara berulang karena ruang yang tidak cukup. Hal ini tentunya tidak efisien serta cenderung boros. Anda dapat menghitung berapa banyak jumlah orang di rumah Anda dan jumlah pakaian kotor untuk 1 kali cuci.

Pilih mesin cuci otomatis atau semi otomatis?

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memilih jenis otomatis maupun tidak. Untuk mesin cuci otomatis dapat melakukan semua pekerjaan tanpa banyak menggunakan campur tangan manusia. Namun harganya jauh lebih mahal serta lebih mudah rusak. Untuk semi otomatis, masih mengandalkan tenaga Anda. Namun dengan harga lebih murah dan tidak mudah rusak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *