Indonesia mempunyai iklim tropis yang hangat dan cenderung panas. Bagi sebagian orang hal ini bisa jadi cukup mengganggu. Namun Bagi Anda yang cukup terganggu dengan cuaca panas, AC atau Air Conditioner dapat menjadi salah satu alternatif. Dalam memilih AC Anda perlu memerhatikan banyak hal agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih lagi sekarang banyak terdapat merek yang menawarkan berbagai fitur dengan harga beragam. Berikut beberapa tips memilih AC yang dapat Anda ikuti.

Kiat memilih Air Conditioner atau AC untuk Dingin yang Lebih Maksimal

  • Perhatikan Luas ruangan dan PK Air Conditioner yang hendak dibeli

Anda perlu memperhatikan ukuran PK dengan luas ruangan yang akan dipasang AC. Sebelum membeli sebaiknya Anda memperhatikan luas ruangan dimana  Anda memasang AC. Penyesuaian luas ruangan dengan PK dimaksudkan agar suhu dingin yang dihasilkan AC dapat di rasakan dari berbagai sudut. Contoh pemilihan PK sesuai luas ruangan. Misalnya luas 10 m2 sesuai dengan ukuran  ½ PK , ukuran 18 m2 sesuai dengan AC 1 PK, luas 36 m2 sesuai dengan 2 PK. Dan apabila Ruangan Anda memiliki luas 36 m2 gunakan 2 AC agar dingin yang didapatkan lebih optimal.

  • Pahami berbagai jenis AC yang ada di pasaran

Terdapat berbagai jenis air conditioner atau AC yang dengan ciri-ciri tertentu dan kegunaan yang berbeda-beda. Beberapa contoh jenis AC adalah AC Split yang digunakan untuk rumah tangga. AC Window, dan Ac Cassete. AC kaset dan AC Split biasanya digunakan di langit-langit kantor. Ada juga AC central yang kemampuan mendinginkannya lebih besar dan AC standing yang dapat dipindah.

  • Perhatikan fitur dan tipe

Air Conditioner (AC) dengan berbagai macam tipe dan fitur telah banyak bermunculan di masyarakat. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dan budget yang Anda miliki. Biasanya semakin canggih dan banyak fitur yang dimiliki harga akan semakin mahal. Maka Anda harus benar- benar kebutuhan Anda agar fitur dari Ac yang akan Anda beli termanfaatkan secara optimal. Tipe AC juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Kini telah muncul AC dengan tipe low watt dan tipe inverter yang kedua-duanya membantu menghemat daya listrik yang dikonsumsi. Untuk penggunaan lebih dari 6 jam, disarankan memilih AC inverter karena kinerjanya yang memakan banyak listrik pada saat pertama kali dihidupkan dan mengurangi kinerja dan daya yang dibutuhkan secara perlahan.

  • Pilih AC dengan merek terpercaya

Hal yang tak kalah penting saat membeli Air Conditioner adalah merek. Pilih merek dari brand yang terpercaya. Perhatikan juga garansi yang diberikan oleh merek tersebut. Pastikan Anda mendapat kartu garansi. Belilah AC di toko yang terpercaya. Anda harus lebih bijak dalam menentukan toko tempat Anda membeli AC. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan potongan harga yang ditawarkan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *