Mungkin banyak yang merasakan jika pekerjaan yang berhubungan dengan mencuci baju menjadi pekerjaan yang melelahkan dan tanpa henti. Pakaian kotor awalnya harus direndam dulu, dikucek, disikat, dibilas, dijemur dan baru bisa disetrika. Prosesnya memang amat panjang sehingga kerapkali menjadikan Ibu rumah tangga cenderung frustasi. Oleh karena itu kini sudah ada mesin cuci yang bisa membantu Anda. Mesin cuci front loading bisa jadi pilihan Anda mengingat fitur yang ada di mesin cuci jenis ini amat menarik.

 Kiat Memilih Mesin Cuci Front Loading

Saat ini sudah ada banyak sekali merk yang menyediakan produk mesin cuci jenis front loading ini. Untuk bisa mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan, maka berikut ini beberapa tips mudah memilih mesin cuci jenis front loading:

  • Kapasitas mesin cuci yang dibutuhkan

Setiap hari tentu ada saja pakaian kotor di rumah, terlebih bagi Ibu yang memiliki anak kecil. Hitung juga sprei, handuk hingga selimut yang kemungkinan akan Anda cuci. Untuk tiap rumah tangga, rata-rata jumlah cuciannya yakni 1,5 kg tiap harinya. Ini bisa jadi acuan Anda dalam pemilihan kapasitas mesin yang dibutuhkan. Untuk kapasitas dari mesin cuci jenis front loading sendiri biasanya 7 kg dimana sesuai untuk keluarga setidaknya dua anak. Namun jika keluarga besar, maka mesin cuci jenis front loading kapasitas 10 kg akan cocok.

  • Bukaan pintu di kanan atau kiri

Pada mesin cuci front loading, di bagian drum pencuciannya diletakkan dengan horizontal yang menjadikan bukaan mesin cuci ada di sisi depannya. Ketika akan dipakai, maka Anda harus membungkuk untuk bisa buka pintu tersebut. Ada bukaan kanan atau kiri yang bisa jadi pilihan Anda. Pertimbangkan saja posisi mesinnya dalam peletakan nanti sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai bukaannya terhalang karena salah penempatan.

  • Suara mesin

Tiap mesin cuci selalu menghasilkan getaran dan pastinya suara ketika dioperasikan. Jika Anda memiliki bayi atau mungkin tinggal di apartemen, maka suara berisik ini pasti akan mengganggu Anda. Untuk kemudahannya, ambang kebisingan 45 dB adalah sepi. Namun untuk ambang kebisingan yang standar biasanya di angka 50-60 dB. Kebisingan ini pun bisa tergantung aktivitas yang dilakukan misalnya mencuci, bilas dan mengeringkan. Jika memungkinkan, pilih mesin cuci jenis front loading dengan tambahan berupa teknologi inverter. Dengan adanya teknologi ini, maka akan bisa membantu dalam mengurangi kebisingan ketika drum di mesin cucinya berputar.

  • Utamakan segi keselamatan

Jika Anda memiliki anak-anak, maka pastikan lokasi mesin cucinya tidak membahayakan mereka mengingat mesin cuci jenis front loading bukaannya rendah.

Itulah beberapa tips dalam memilih mesin cuci front loading. Mudah bukan? Ada beberapa merk rekomendasi mulai dari Samsung, Panasonic hingga LG.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *