Mifi adalah sebuah akronim yang disematkan untuk menyebut perangkat wireless dengan tajuk mobile wifi. Perangkat ini merupakan perangkat mobile yang berfungsi untuk menyebarluaskan jaringan internet yang didapat dari kartu provider yang diselipkan didalam part tertentu pada mifi tersebut. Jaringan internet yang disebarkan oleh mifi ini sendiri, nantinya akan dapat diterima oleh perangkat mobile lainnya seperti smartphone ataupun laptop. Dengan kata lain mifi ini memiliki fungsi sebagai pemancar ataupun hotspot wifi. Harga mifi ini akan sangat bervarian, bergantung pada jenis, merek dan daya pancar yang dimiliki oleh mifi tersebut. Peralatan konektivitas ini, dipasaran pun telah dapat dengan mudah Anda temukan.

Secara umum fungsi dari mifi memang memiliki kesamaan dengan fitur wifi spot yang terdapat dalam sebuah smartphone, namun mifi ini memiliki daya sebar jaringan yang lebih luas, sehingga dapat digunakan untuk beberapa perangkat dalam waktu yang bersamaan. Perlengkapan internet yang satu ini, biasanya banyak digunakan dalam sebuah rumah, yang memang tidak terkoneksi dengan jaringan internet secara kabel, namun membutuhkan sistem penyebaran jaringan untuk menghemat kuota internet yang digunakan.

Mifi yang saat ini beredar, memiliki harga yang cukup bervarian bergantung dari jenis, spesifikasi serta merek yang dimunculkan oleh para produsennya. Harga mifi ini sendiri, dapat Anda temukan dipasaran mulai dari 200 ribu rupiah, hingga 1 jutaan rupiah. Untuk melakukan pembelian Mifi ini sendiri, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini, yang antara lain adalah:

  • Pilihlah Mifi dengan sistem jaringan yang sesuai dengan sistem jaringan internet yang banyak ditawarkan oleh provider kartu telepon saat ini, yaitu jaringan 4G.
  • Pilihlah mifi dengan model bypass, atau tanpa baterai, dimana untuk menyalakan mifi ini, Anda dapat langsung mengkoneksikannya dengan charger yang terhubung secara langsung dengan sumber listrik, sehingga mifi dapat digunakan selama seharian penuh.
  • Perhatikan chipset yang dibesut dalam mifi yang akan Anda pilih, pastikan bahwa chipset tersebut telah mampu mendukung kecepatan internet tertentu yang memang disediakan oleh sebuah provider kartu internet.

 Lihat juga beberapa model mifi yang berkualitas tinggi dan tentunya murah, baca selengkapnya di kabarelektronik.com

Selain hal teknis seperti yang tersebut diatas, dalam memilih Mifi, Anda juga harus memperhatikan service center serta garansi yang diberikan pada saat pembelian. Pastikan bahwa Anda memilih jenis dan merek Mifi yang memang memiliki service center yang dekat dengan wilayah domisili Anda. pastikan pula bahwa kartu garansi yang Anda miliki, telah memiliki stempel dari toko resmi yang menjadi mitra penjualan Mifi merek-merek tertentu tersebut.

Untuk mendapatkan harga mifi dengan banderol yang lebih murah, Anda dapat melakukan strategi pembelian, dimana pembelian Anda lakukan pada saat adanya pameran komputer yang memang diselenggarakan oleh asosiasi pengusaha komputer yang ada di kota Anda. Pada umumnya banyak toko komputer yang akan memberikan penawaran harga menarik untuk pembelian Mifi dan perangkat lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *