Bagi gamers, perangkat saat bermain game merupakan poin penting yang membuat aktivitas bermain game lebih menyenangkan. Itu sebabnya tidak sedikit gamers yang berani mengeluarkan kocek yang jumlahnya lumayan sangat besar.  Sampai sekarang komputer gaming rakitan masih menjadi trand dan banyak diminati ketimbang komputer pabrikan.

Ada banyak alasan mengapa mereka memilih komputer yang rakitan, salah satunya adalah bisa dengan bebas memilh spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan bermain game. Kebutuhan bermain game berbeda dengan kebutuhan aktivitas depan komputer lainnya, untuk bermain game dibutuhkan spesifikasi yang tinggi khususnya bagi perangkat keras atau hardware kartu VGA, Memory RAM dan kapasitas hardisknya.

Bagi pembaca yang masih awam dan bingung memilih komponen komputer yang akan dirakit, sebelum memilih spesifikasi komputer gaming sebaiknya ketahui komponen komputer yang penting. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Motherboard

Komponen yang satu ini merupakan bagian komputer yang paling penting. Karena fungsinya sangat kursial memilih motherboard sangat penting.

Prosesor

Prosesor bisa dibilang otaknya sebuah komputer. tanpa komponen ini komputer tidak akan dapat berfungsi. Semakin bagus processor maka semakin kheren performa komputer secara keseluruhan.

Grapic Card (VGA)

Komponen ini sangat penting untuk para gamers. Karena VGA yang digunakan menentukan kualitas grafis. Namun kebutuhan game tidak hanya dari tampilan visualnya saja, penting untuk mempertimbangkan komponen lainnya.

Baca Juga: Spesifikasi Standart Komputer Gaming

Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan bagian penting komputer, fungsinya adalah untuk penyimpanan data secara permanen. Jadi data akan dibutuhkan dan yang diproses akan segera disimpan dalam storage yang nantinya bisa langsung digunakan di komputer. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin besar pula informasi yang bisa diproses dan semakin cepat komputer melakukan perintah.

Storage (SSD dan Hard Disk)

Salah satu komponen komputer yang kurang sorotan adalah hardisk dan SSD padahal kedua komponen tersebut memegang peranan penting dalam kinerja keseluruhan komputer. Pertimbangkan kapasitas dan umur kedua komponen jika akan memilih komponen tersebut.

Power Supply

Sesuai dengan namanya, komponen komputer yang satu ini fungsinya adalah mensuplay daya yang dibutuhkan. Percuma jika komputer yang digunakan super canggih namun power supplypnya tidak kuat menyuplay daya yang dibutuhkan.

Casing

Casing atau case adalah bagian luar komputer. Sekarang ada banyak model tampilan casing, namun sebaiknya pertimbangkan juga aspek lainnya. Misalnya: bahan yang digunakan, ruang kosong untuk mendukung proses upgrade, sirkulasi udara, konektivitas tiap port, cable manajemen yang baik dsb.

Optical Drive

Jika kamu suka membeli game dalam bentuk DVD atau suka memutar musik dalam bentuk CD, komponen ini sangat penting untuk mendukung aktivitas tersebut.

Demikian komponen penting komputer penting yang harus diketahui pada waktu akan membuat atau membeli komputer gaming. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *