Bagi para gamer, dalam bermain game yang menyenangkan, tentu perangkat saat bermain game pun akan menjadi poin yang paling penting. Sehingga hal tersebut membuat orang-orang yang memiliki hobi untuk ngegame pun rela mengeluarkan banyak uang agar dapat bermain game dengan menyenangkan. Dalam kalangan masyarakat, komputer gaming sangatlah banyak diminati jika dibandingkan dengan komputer buatan pabrik. Hal tersebut dikarenakan komputer yang rakitan dapat dengan bebas dalam pemilihan spesifikasi komputer yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dalam bermain game.

Dalam kebutuhan yang diperlukan oleh komputer game pun membutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi khususnya pada perangkat keras/hardware memory RAM, kartu VGA serta kapasitas pada harddisknya. Hal ini bertujuan agar kamu dapat melakukan permainan game yang menyenangkan tanpa adanya kendala yang membuat rasa senang kamu terganggu.

Bagi kamu yang menyukai dunia game, akan tetapi masih bingung dalam memilih komponen pada komputer gaming yang ingin di rakit, tentu sebelum memilih spesifikasi pada komputer game, kamu harus mengetahui lebih detail mengenai komponen-komponen komputer yang penting, sehingga bagi kamu yang masih awam dalam hal tersebut tidak akan mengalami kebingungan lagi pada saat ingin merakitnya.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu simak di bawah ini sebelum memilih spesifikasi komputer game:

Baca Juga: Spesifikasi Komputer Gaming Rakitan Sendiri

  • Motherboard. Komponen ini merupakan bagian dari komputer yang sangatlah penting. Kamu harus memilih motherboard dengan tepat, karena fungsi dari komponen ini sangatlah penting.
  • Prosesor. Prosesor merupakan otak dari komputer. Sehingga tanpa adanya komponen tersebut, maka komputer tidak akan berfungsi. Semakin bagus prosesor yang kamu pilih, maka semakin keren pula performa komputer pada keseluruhannya.
  • VGA atau Grafic Card. Komponen ini digunakan untuk menentukan kualitas grafis. Karena dalam memenuhi kebutuhan game tidak hanya pada tampilan visualnya saja, akan tetapi juga mempertimbangkan komponen yang lainnya juga.
  • RAM atau Random Access Memory. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang secara permanen. Sehingga data yang akan dibutuhkan dan yang akan diproses dapat segera disimpan di dalam storage yang nantinya dapat secara langsung digunakan pada komputer.
  • Hard Disk dan SSD. Kedua perangkat ini memiliki peran penting dalam kinerja pada komputer secara keseluruhan.
  • Power supply.
  • Casing.
  • Optical Drive.

Pada ke delapan perangkat di atas dapat Anda jadikan sebagai panduan yang dapat kamu pelajari sebelum melakukan perakitan pada komputer gaming kamu. Agar komputer game yang kamu gunakan dapat bekerja sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kamu tanpa harus berjalan dengan lamban. Perhatikan segala sesuatu yang penting yang ada dalam komputer game kamu.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *