Dengan adanya perangkat mobile seperti laptop dan smartphone semakin memudahkan untuk terhubung dengan internet walaupun sedang beraktivitas di luar ruangan. Pada situasi tersebut kadang kita membutuhkan perangkat yang bisa membantu menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya ke jaringan internet, yaitu dengan portable wireless router.

Sekarang sudah banyak toko-toko komputer konvensional dan toko online yang menjual portable wireless router dengan berbagai pilihan merk. Semakin banyaknya pilihan, semakin membuat bingung menentukan pilihan memilih jenis wireless router yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan membeli wireless router, namun sebelumnya ketahui jenis wireless portable router berikut ini:

Jenis Wireless Portable Router

Sekarang sudah banyak jenis wireless router yang dijual, setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. Ada perangkat all in one yang dilengkapi baterai dan slot SIM card sehingga bisa digunakan secara independen tanpa bantuan perangkat yang lain. Ada juga yang hanya memiliki slot SIM card namun tidak memiliki baterai. Dan ada juga yang tidak memiliki slot SIM cad namun dilengkapi baterai.

Kebanyakan orang lebih memilih perangkat yang all in one karena lebih praktis, namun bukan berarti jenis lainnya tidak menarik. Jika Anda memilih perangkat yang tidak dilengkapi baterai, cara untuk mendapatkan pasukan daya caranya bisa menggunakan power bank.

Sedangkan perangkat tanpa model, bisa memanfaatkan USB modem agar bisa mendukung operasional perangkat tersebut. Untuk jenis ini pastikan wireless nya sudah mendukung penggunaan USB modem milik Anda.

GSM VS CDMA

Provider selular yang ada di Indonesia sampai saat ini masih banyak yang menggunakan basis GSM dan CDMA. Jadi jangan sampai salah memilih wireless portable router,pastikan sesuai dengan provider yang digunakan.

Baterai

Jika Anda memilih wireless portable router jenis all in one, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah baterai yang ada pada perangkat itu sendiri. Tentu Anda tidak ingin wireless yang Anda beli ternyata tidak bisa berfunsi untuk mendukung aktivitas saat berada di luar ruangan karena kehabisan baterai. Umumnya, kapasitas daya baterali yang lebih besar akan berbanding lurus dengan lamanya waktu penggunaan yang lebih lama. Oleh sebab itu, sebelum membeli periksa kapasitas baterai yang disediakan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan agar baterai lebih hemat adalah dengan mengatur penggunaan koneksi internet pada masing-masing perangkat yang terhubung.

Locked vs Unlocked

Maksud dari locked vs unlocked di sini adalah apakah wireless router yang digunakan bisa untuk koneksi internet dari provider tertentu atau tidak. Umumnya hal ini hanya berlaku untuk jenis wireless yang terintegrasi atau dilengkapi slot untuk SIM card. Portable wireless router yang hanya bisa dipakai untuk internet dari provider tertentu biasanya menawarkan pilihan yang lebih terbatas. Namun, bukan berarti tidak layak dibeli. Jika koneksi di daerah Anda cukup baik, bisa dijadikan pilihan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *