Perkembangan teknologi telah membawa dampak besar kepada masyarakat. Salah satu dampak yang dimunculkannya adalah banyaknya keinginan masyarakat yang selalu ingin mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupannya. Ponsel merupakan salah satu wujud teknologi yang selalu mengalami perkembangan dari hari ke hari. Ternyata saat ini bukan hanya ponsel pintar yang dibuat produsen elektronik tetapi juga telah merambah ke alat lain yaitu TV pintar atau smart TV. Meskipun belum banyak yang menggunakannya, namun sebagian besar masyarakat sudah mengetahui tentang teknologi ini. Lantas seperti apa keunggulan TV pintar yang saat ini sedang beredar di masyarakat? Simak artikel ini sampai habis.

Konsep dan Gambaran Smart TV untuk Anda Sebelum Membeli

Jangan Salah Persepsi

Banyak orang yang belum mengetahui secara langsung tentang TV pintar dan berani berpersepsi. Nyatanya kebanyakan dari persepsi mereka salah, apalagi TV yang satu ini belum banyak digunakan di masyarakat. Beberapa poin ini harus Anda pahami sebelum memutuskan seperti apa sang smart TV.

Mempunyai Otak Tambahan

Layaknya sebuah ponsel pintar, pada smart TV ternyata juga menggunakan prosesor sebagai otak tambahannya. Jadi menggunakan TV ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mengoperasikan televisi layaknya mengoperasikan komputer. Prosesor yang ada di dalamnya pun akan mempengaruhi layanan yang bisa Anda nikmati di dalam TV pintar ini. Pastikan kapasitas prosesornya juga besar agar TV yang Anda pakai tidak mengalami hank atau lag.

Pintar Memilih

Setiap merek TV pintar pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Pastikan Anda memilih dengan teliti dan mempertimbangkan beberapa hal seperti layanan yang ada di dalamnya. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa program layanan yang bisa Anda dapatkan adalah Youtube dan internet Browser. Kedua program layanan ini bisa Anda nikmati dengan syarat ia terhubung ke jaringan internet. Melalui Youtube Anda bisa memilih video dengan remote dan menikmatinya pada layar yang lebih lebar.  Untuk browser, layanan ini cenderung jarang digunakan karena lebih sulit melakukan pencarian menggunakan remote dibandingkan dengan mencarinya melalui gadget lain. Namun ada beberapa produk yang menyediakan keyboard untuk TV pintarnya.

Belum Ada Fitur Layar Sentuh

Meskipun sudah mulai diedarkan di pasaran, kenyataannya smart TV belum dibuat dengan fitur layar sentuh. Mungkin beberapa waktu ke depan akan ada produsen yang berhasil mengembangkannya.

Belum Memiliki Fitur Playback

Mungkin gambaran Anda ketika dihadapkan dengan kata smart TV adalah Anda bisa merekam film-film yang muncul di televisi lalu bisa melihatnya kembali di lain waktu. Kenyataannya, belum ditemukan adanya TV pintar yang mampu melakukan hal ini. Kecuali jika Anda memiliki perangkat eksternal lain yang dihubungkan ke TV seperti Firstmedia.

Kebutuhan akan Jaringan Internet

Untuk bisa merasakan segala program dan layanan yang ada di dalamnya, Anda harus memiliki koneksi internet. Koneksi ini bisa didapatkan jika Anda memiliki jaringan internet di rumah.

Bukan Untuk Monitor Tambahan

Meskipun Anda bisa melihat video yang Anda dapatkan dari Youtube tetapi smart TV belum dirancang agar ia bisa menjadi monitor lain dari sebuah komputer karena pada kenyataannya sudah banyak televisi biasa yang dapat digunakan dan terhubung dengan computer atau perangkat lain.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *