Sekarang ini berbagai perangkat teknologi yang memiliki dimensi besar dan massa yang berat menjadi kurang diminati seiring dengan semakin minimnya luas tempat tinggal seseorang. Selain itu semakin besar perangkat juga berarti semakin susah untuk memindahkan serta membawanya ketika bepergian. Bentuk yang kompak dan portable lebih disukai terbukti dengan meningkatnya penjualan perangkat portable dan menurunnya angka penjualan perangkat besar. Salah satu perangkat yang lebih banyak terjual untuk jenis dimensi yang kecil adalah audio player. Portable audio player kini menjadi pilihan favorit terutama untuk kalangan remaja karena mudah dibawa kemana-mana untuk menemani kegiatan mereka.

Dahulu ada walkman yang merupakan perangkat audio player portable pertama yang tercipta, namun karena sekarang penggunaan pita kaset untuk penyimpanan audio sudah tidak ada maka pembuatan walkman pun terhenti. Perangkatnya kemudian digantikan oleh CD atau DVD player portable yang dapat memutar cakram berisi kumpulan file lagu. Bentuk CD atau DVD player lebih kompak sesuai dengan bentuk cakram CD atau DVD. Namun itupun tak bertahan lama karena kini bentuk file audio sudah beralih ke bentuk data yang memiliki ukuran lebih kecil seperti file mp3.

Kumpulan file audio dalam bentuk data tersebut kini dapat disimpan dalam sebuah memory kecil yang banyak dijual di pasaran. Memory tersebut kemudian ditanamkan ke portable audio player yang baru yang disebut sebagai music player. Bentuk music player ini sangat kompak karena hanya sebesar 2 jari manusia. Semakin kecil bentuknya semakin disukai karena mudah dibawa serta mudah disimpan. Penggunaan music player pastinya tidak akan berfungsi seperti biasanya tanpa adanya headset yang terhubung. Keluaran audio akan disalurkan dari headset tersebut sehingga bentuknya tetap kompak dan portable.

Masih menggunakan music player yang portable, kini media keluaran audionya memiliki bentuk yang baru yaitu sebuah speaker portable. Bagi Anda yang kurang puas jika hanya menggunakan headset untuk mendengarkan lagu, atau bagi Anda yang ingin mendengarkan lagu bersama kawan atau teman dekat, maka menggunakan speaker portable bisa dijadikan alternatif solusi. Speaker portable yang juga memiliki dimensi kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana untuk menemani music player.

Itulah macam-macam portable audio player dari awal terciptanya portable layer hingga saat ini. Bagi Anda yang pernah mengoleksi semuanya pasti telah merasakan betapa teknologi cepat berkembang dan memiliki manfaat serta efek yang luar biasa bagi kehidupan. Sekarang pun portable player sudah ditanamkan di smartphone dengan berbagai aplikasi pemutar musik sehingga sudah banyak dimiliki semua orang tanpa perlu membeli 2 gadget dengan harga yang lumayan. Dengan mendownload aplikasi pemutar file musik di smartphone, Anda sudah bisa memiliki music player gratis dengan manfaat yang lengkap dan fitur yang canggih.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *