Berbagai peralatan rumah tangga sekarang ini terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, salah satunya bisa Anda temukan pada alat-alat yang sering digunakan ibu rumah tangga di dapur. Misalnya saja pada penanak nasi, dulu para ibu rumah tangga harus kerepotan ketika memasak nasi untuk keluarga, karena harus memasaknya dengan menggunakan tungku api dan secara tradisional. Kemudian juga tercipta rice cooker yang semakin memudahkan para penggunanya agar dapat memasak nasi dengan mudah dan juga lezat. Jika Anda tidak puas dengan pemakaian rice cooker tersebut, maka Anda bisa berdalih pada alat elektronik untuk memasak nasi dengan lebih canggih, yakni magic jar. Alat yang satu ini memang dikenal begitu canggih, namun tetap saja memiliki berbagai masalah yang menerpanya, misalnya saja sering berair. Jika demikian, maka Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu untuk mengatasinya, yakni sebagai berikut:

Magic Jar yang Anda Gunakan di Rumah Sering Berair? Ini Dia yang Menjadi Penyebabnya 

  • Masalah pada Pemanas

Salah satu penyebab yang membuat alat elektronik tersebut berair adalah karena elemen pemanasnya, yang terdapat pada bagian penutupnya yang mengalami masalah. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa buka elemen penutupnya tersebut. Untuk membukanya, Anda pun dituntut untuk berhati-hati karena jika sedikit ceroboh akan membuat kabelnya menjadi putus, alhasil alat tersebut pun akhirnya tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka.

  • Jarum Avometer

Hal selanjutnya yang juga dapat menghindarkan magic jar Anda berair adalah dengan memeriksa bagian jarum avometernya, apakah berfungsi atau tidak setelah Anda membuka bagian penutupnya. Jika terjadi masalah, pastinya jarum tersebut tidak akan bergerak. Jika demikian, pastikan untuk mengganti bagian pemanasnya dan pastikan jika jarumnya bisa bergerak ke kanan, yang dimana menandakan bahwa alat tersebut masih dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

  • Kabel Pemanas

Masalah alat tersebut berair juga dapat dikarenakan oleh kabel pemanas yang memiliki kemungkinan putus. Anda bisa mengecek kabel mana yang putus dengan menarik satu-satu kabel tersebut, namun pastikan untuk melakukannya secara hati-hati karena dapat merusak kabel yang lainnya juga. Jika ada kabel yang putus, maka Anda dapat memperbaikinya dengan menyambungkannya kembali. Alhasil alat tersebut pun bisa Anda gunakan kembali dengan nyaman dan menghasilkan nasi yang jauh lebih berkualitas serta lebih lezat.

  • Pengatur Suhu

Jika kedua hal di atas bukanlah penyebab yang membuat magic jar Anda menjadi berair, maka Anda harus mencari penyebab lainnya. Hal ini bisa saja disebabkan karena pengatur suhu dari alat tersebut yang mengalami masalah atau pun rusak. Jika suhu di dalamnya tidak stabil atau mengalami naik turun yang terus menerus, maka hal inilah yang akan menjadi penyebab alat tersebut serta nasi yang ada di dalamnya menjadi berair. Jika terus dibiarkan, maka nasi pun akan lebih cepat basi dan merugikan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *