Mobile wifi yang dikenal dengan mifi adalah salah satu perangkat wifi yang mengakses internet dengan menggunakan jaringan 3G atau 4G LTE. Perangkat ini berukuran lebih lebar dibandingkan dengan modem USB dengan bobot yang ringan dan portable. Mifi memiliki SIM mobile yang cara kerjanya persis seperti mobile broadband. Penggunaan mifi ini perlu di charge dengan menggunakan kabel USB. Daya baterai pada mifi ini sama halnya dengan perangkat laptop. Dengan demikian penggunaan mifi ini tidak dapat terus menerus dalam waktu yang lama. Wifi jenis ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia adalah pada tahun 2013. Begitu diluncurkan, wifi jenis ini berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan internet.

 

Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan menggunakan mobile wifi ini, yaitu:

 

  1. Mampu menghubungkan beberapa perangkat seperti laptop atau perangkat lainnya secara bersamaan sekaligus. Manfaat satu ini dapat berguna bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh dan tidak tersedia layanan internet disana. Mifi bisa digunakan secara bersama-sama dengan rekan Anda sehingga cukup satu unit saja untuk dapat dipakai bersama.
  2. Bentuknya yang simpel dan efisien sehingga tidak menghabiskan tempat dan lebih mudah disimpan serta digunakan.

 

Bagi Anda yang menggunakan mifi ini dalam perjalanan sebaiknya siapkan kuota yang besar. Karena apabila Anda menggunakannya bersama dengan rekan Anda, konsumsi kuota data yang terpakai akan semakin besar. Jadi agar kegiatan yang menggunakan koneksi internet Anda tidak akan terkendala karena kehabisan kuota. Anda dapat menggunakan mifi tanpa khawatir kehabisan kuota dengan persiapan yang Anda lakukan.

 

Pemakaian mifi ini sangat mudah bagi Anda yang pertama menggunakannya. Ketika Anda menghubungkan mifi dengan perangkat laptop Anda, akan ada petunjuk sederhana sehingga Anda dapat mengikutinya dengan mudah. Apalagi bila Anda telah terbiasa menggunakan wifi sebelumnya, maka dalam menggunakan mifi akan lebih mudah. Hal pertama yang Anda lakukan adalah pasang unit mifi pada perangkat komputer atau laptop Anda. Mifi akan diinstal secara otomatis pada perangkat Anda. Begitu proses penginstalan selesai, akan disajikan berbagai informasi mengenai kekuatan sinyal, jumlah data yang digunakan, koneksi yang tersedia, baterai dan informasi lain tergantung merk mifi yang Anda gunakan. Pilih mifi dalam daftar koneksi dan masukkan password Anda. Dengan langkah-langkah sederhana tersebut Anda dapat menggunakan mifi.

 

Mobile wifi menjadi salah satu alternatif Anda untuk memperoleh koneksi internet. Penggunaan mifi ini dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja sehingga Anda akan memperoleh berbagai kemudahan. Aktivitas Anda dapat berjalan lancar dengan koneksi internet yang baik. Pilih merk dan tipe mifi yang Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian Anda dapat memanfaatkan mifi tersebut dengan maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *