Penggunaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan hampir semua kalangan masyarakat. Maraknya penggunaan gadget sebagai sarana bertukar informasi dan komunikasi membuat internet menjadi sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan penggunaan gadget tersebut. Internet sendiri bisa didapatkan dari pembelian kuota internet dari provider tertentu yang dimiliki user. Namun cara-caranya cukup beragam salah satunya adalah penggunaan USB hotspot yang mulai menggusur penggunaan modem.

Jika dahulu kita mengenal modem sebagai sumber koneksi internet dengan cara menghubungkannya ke laptop atau komputer, maka saat ini penggunaan wifi atau hotspot lebih disukai. Hal ini dikarenakan penggunaan perangkat wireless memungkinkan hubungan atau koneksi dilakukan tanpa adanya perantara langsung seperti kabel atau hardware yang terhubung. Pada perangkat hotspot, perangkatnya memang terhubung ke slot USB di laptop atau komputer namun hal tersebut hanya dilakukan untuk mengambil daya sehingga perangkat hotspot dapat berfungsi. Sedangkan untuk melakukan fungsinya dalam memancarkan signal internet, hotspot tidak dapat juga dihubungkan ke gadget di sekitarnya.

Cara mengkoneksikan USB hotspot dengan gadget disekitarnya adalah dengan menggunakan setting internet connection yang biasanya diproteksi menggunakan password. Berikut ini adalah step by step cara yang bisa dipraktekkan:

Baca Juga:Tata Cara Penambatan USB Hotspot

  • Hubungkan perangkat ke komputer utama, kemudian aturlah setingnya jika ini penggunaan pertama untuk menginputkan password baru.
  • Nyalakan internet dengan cara mengkoneksikan dengan jaringan sama dengan proses pada modem.
  • Sinyal akan terpancar dari perangkat hotspot tersebut dan dapat ditangkap oleh gadget disekitarnya yang mengaktifkan pencarian wifi.
  • Bagi gadget yang ingin terhubung maka harus memasukkan password yang sama dengan yang Anda masukkan tadi.

Dengan sistem password, meski wifi dipancarkan secara luas, Anda akan tetap dapat mengatur siapa saja yang bisa menggunakan sinyal wifi Anda. Karenanya alat ini sangat pas digunakan untuk keperluan rumah tangga atau kos mahasiswa. Kecepatan internet yang terpancar tidak banyak dipengaruhi oleh jenis perangkat hotspot melainkan oleh pemilihan provider, ada atau tidaknya jaringan, pemilihan jenis kuota dan jumlah gadget yang terhubung dan melakukan interaksi menggunakan internet. Semakin banyak gadget yang menggunakan wifi Anda maka bisa jadi kecepatan akan semakin menurun apalagi jika salah satu gadget menggunakannya untuk kebutuhan download.

Dari uraian di atas jelas bahwa manfaat penggunaan USB hotspot dibandingkan dengan modem adalah jumlah user yang menggunakannya bisa lebih dari satu karena perangkat tidak terhubung secara langsung untuk dapat digunakan. Karenanya pemilihan hotspot ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan internet semua gadget Anda jika sedang berada di dalam ruangan. Misalnya ketika Anda menggunakannya dengan terhubung di komputer, Anda bisa mengkoneksikan smartphone Anda dengan hotspot tersebut sehingga lebih menghemat pembelian kuota internet.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *