Bagi para penggemar musik, tentu selalu ingin mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja. Jika mendengarkan musik menggunakan ponsel, maka tentunya baterai akan kurang memuaskan. Namun kini Anda bisa juga mendengarkan musik dengan menggunakan bluetooth audio receiver. Bagi para penikmat musik, benda audio bluetooth receiver ini tentu bukan benda asing lagi. Ya, dengan adanya audio bluetooth receiver ini, maka Anda bisa dengarkan musik dengan lebih memuaskan dan mampu dihubungkan ke ponsel, PC, hingga audio player.

Memilih Bluetooth Audio Receiver Terbaik dengan Tips Berikut Ini!

Saat ini sudah ada banyak sekali produk audio bluetooth receiver di pasaran dari berbagai merk dengan ragam fitur yang ada di dalamnya. Meski demikian, ada baiknya jika Anda bisa memilih perangkat audio bluetooth receiver yang terbaik sehingga tak menyesal nantinya. Berikut ini beberapa tips dalam pemilihannya:

  • Pilihlah jenis codec yang disesuaikan dengan kualitas suara yang Anda harapkan

Saat mendengar musik menggunakan koneksi Bluetooth, codec ini yang nantinya akan menentukan dari segi kualitas suaranya. Secara umum, ada beberapa jenis codec yang perlu diketahui:

  • Codec SBS: Codec yang satu ini adalah yang paling standar. Keunggulannya adalah dengan codec ini yang cenderung kompatibel dengan seluruh perangkat yang ada bluetooth. Meski demikian, kualitas suaranya kurang begitu maksimal sehingga saat terhubung dengan headphone atau perangkat lain dimana codecnya berbeda maka kualitas suara pun jadi kurang jernih.
  • Codec AAC: Codec yang satu ini dipakai oleh iPhone dimana bisa mengatasi kekurangan yang ada di codec SBC. Rasio kompresinya mirip dengan codec SBC, tapi untuk jumlah data yang bisa di transmisi di satu waktu adalah lebih banyak sehingga dari segi suara yang dihasilkannya tak alami jeda waktu.
  • Codec aptX: Bluetooth audio receiver juga ada yang memiliki codec aptX. Codec ini mampu meningkatkan kualitas suara dengan adanya pendekatan berbeda dibandingkan AAC. Keunggulannya adalah dari segi rasio kompresinya yang cenderung lebih kecil dibanding dengan codec SBC. Jangkauan pun juga berkurang sehingga jeda waktu tak ada masalah.
  • Codec LDAC: Codec ini khusus dikembangkan Sony dalam pemutar audionya. Codec yang satu ini kualitas suaranya amat baik. Meski demikian player dan juga smartphone yang dipakai cenderung tidak kompatibel dengan LDAC ini apabila tidak memakai produk Sony.
  • Pilih versi kompatibel jarak dan perangkat

Saat ini untuk koneksi bluetooth yang standar ada beberapa versi. Cek kembali versinya dan sesuaikan dengan perangkat yang Anda pakai sehingga memang kompatibel ketika dipakai.

Itulah beberapa tips dalam pemilihan bluetooth audio receiver. Perangkat audio bluetooth receiver ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan bahkan sudah bisa dipesan di situs belanja online sehingga memudahkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *