Bagi Anda pecinta baking, pastinya sudah tak asing dengan berbagai peralatan membuat kue yang dibutuhkan. Dari mulai mixer atau mesin pencampur hingga cetakan kue pasti sudah tersedia di dapur yang bisa sewaktu-waktu digunakan ketika akan membuat kue. Namun ada juga para pembuat kue yang tak menggunakan banyak alat modern termasuk pencampur adonan tersebut. Alasan harus membeli dengan harga tertentu membuat mereka lebih memilih mencampur adonan secara manual menggunakan sendok besar. Padahal meski Anda harus membeli untuk memilikinya, namun alat ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk keberhasilan pembuatan kue Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan mengapa Anda memerlukan mesin pengaduk ini:

Mengapa Anda Harus Menggunakan Mixer? Ternyata Inilah Alasannya! 

  • Menghemat waktu.

Jika Anda membuat kue dalam jumlah sedikit mungkin belum terasa waktu yang bisa dihemat menggunakan alat ini. Namun jika Anda adalah seorang baker profesional yang memiliki banyak pesanan kue maupun makanan, menggunakan alat pengaduk otomatis akan menghemat waktu Anda untuk menghomogenkan bahan makanan. Apalagi jika Anda membutuhkan bahan kue tersebut mengembang sempurna sehingga perlu kecepatan dan durasi tertentu untuk melakukannya. Dengan alat pencampur otomatis ini akan menghemat waktu membuat adonan tersebut siap digunakan. 

  • Menghemat tenaga.

Terkadang bahan makanan atau kue yang pekat dan kental membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa menghomogenkannya. Contohnya adalah bahan kue brownies setelah Anda memasukkan coklat cair atau dark coklat ke dalamnya. Massa akan lebih pekat dan kental sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk bisa mengaduknya hingga homogen merata. Dengan mixer, Anda bisa menghemat tenaga tersebut karena yang perlu dilakukan hanya memeganginya. 

  • Bahan makanan higienis.

Penggunaan alat pengaduk otomatis yang terbuat dari stainless stel sehingga mudah dicuci membuat bahan makanan menjadi lebih higienis dibandingkan jika Anda mengaduk menggunakan peralatan dapur lain ataupun tangan Anda yang sudah dilapisi plastik. 

  • Membantu memudahkan pembuatan jenis makanan tertentu.

Ada beberapa jenis makanan yang memerlukan cara pembuatan tertentu agar bisa jadi sempurna. contohnya adalah ketika Anda akan membuat mayonnaise yang membutuhkan kecepatan dan keseragaman adukan untuk bisa menghasilkan krim kental bersih. Begitu pula saat membuat kue bolu dimana adonannya harus mengembang sempurna. Disinilah peran mesin pengaduk otomatis dengan pengatur kecepatan diperlukan. 

Itulah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah mixer untuk pembuatan kue maupun makanan. Untuk memilihnya, sebaiknya memilih merk yang sudah terpercaya dan digunakan oleh banyak orang sehingga terbukti kualitas dan ketangguhannya. Selain itu merk terpercaya sudah memasarkan spare part dan bagian lain dari alat ini sehingga ketika Anda hanya membutuhkan mesinnya saja atau pemutarnya saja, bisa dicari dan didapatkan dengan mudah di pasaran. Pilih juga berdasarkan kebutuhan daya listriknya agar sesuai dengan penggunaan di rumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *