Saat Anda bermain gitar, Anda akan menemukan amplifier gitar atau yang lebih dikenal dengan ampli gitar. Amplifier gitar merupakan perangkat elektronik yang dibuat atau didesain atau dirancang agar bisa menghasilkan output dan sebagai pengeras suara baik dari gitar elektrik ataupun yang akustik. Ampli pada gitar ini bisa memodifikasi nada instrumen mempergunakan fitur tertentu sehingga dapat menyebabkan efek elektronik misalnya distorsi, tremolo ataupun chorus.

 Mengenal 4 Jenis Ampli Gitar Ini Agar Anda Bisa Memilih yang Sesuai Kebutuhan

Amplifier pada gitar ini akan sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan. Sehingga jika gitar milik Anda memiliki suara yang baik namun Anda menggunakan jenis ampli yang jelek maka output suara juga akan ikutan jelek. Pada umumnya, di pasaran Anda akan menemukan 4 jenis ampli yang bisa digunakan untuk bermain gitar. Pertama adalah digital (modeling) amplifiers. Jenis ampli ini mempergunakan perangkat digital processor. Walaupun mampu untuk menghasilkan output yang unik misalnya suara yang aneh-aneh, harga dari ampli ini semakin lama semakin murah karena banyak yang menggunakannya.

Kedua adalah tube amplifiers. Ampli gitar ini merupakan ampli pertama yang diciptakan dan bahkan hingga saat ini jenis amplifier gitar ini masih banyak dipergunakan oleh par agitaris dunia dibandingkan harus menggunakan ampli digital ataupun amlifier gitar analog. Hal tersebut disebabkan karena jenis ampli ini menghasilkan output yang lembut dan terkesan alami terutama jika Anda hendak bermain gitar gendre blues. Salah satu keunggulannya adalah bisa menghasilkan output yang lebih powerful dengan menggunakan kekuatan listrik yang sama dengan jenis ampli analog ataupun digital.

Baca Juga:4 Jenis Pilihan Ampli Gitar Berdasarkan Komponennya

Ketiga adalah solid state amplifier atau disebut ampli analog. Ampli ini menggunakan transistor yang berfungsi untuk menangkap sinyal gitar sebagai pre amp. Salah satu kekurangan dari ampli ini adalah output yang dihasilkan lebih kasar dan terkesan kurang alami apalagi jika dibandingkan dengan jenis ampli tabung. Akan tetapi, keunggulan dari penggunaan jenis amplifier gitar ini adalah tahan lama sehingga tidak mudah rusak serta memiliki harga yang murah. Komponen yang dipergunakan pun juga mudah untuk dicari.

Keempat adalah hybrid amplifier. Ampli gitar ini merupakan suatu amplifier yang menggabungkan antara pre-amp tabung dengan solid state power amp atau amplifier analog. Dari keempat jenis amplifier untuk bermain gitar tersebut agar bisa memilih jenis mana yang tepat untuk gitar Anda, sebaiknya ajak teman Anda yang tahu dan paham mengenai gitar sehingga bisa memilih yang tepat untuk Anda. serta sebaiknya membawa gitar Anda untuk mengetes apakah ampli yang akan Anda beli tersebut tepat dan dapat menghasilkan output suara yang jernih seperti yang Anda inginkan. Namun, pastikan pula Anda punya budget yang mencukupi untuk membeli amplifier yang Anda butuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *