DVD Player — DVD sudah menjadi salah satu perangkat kebutuhan elektronik yang harus ada di setiap rumah. Dengan perkembangan zaman, semakin banyak produsen teknologi yang memproduksi segala macam jenis dvd, dari segi ukuran, desain dan fitur tambahan lainnya.

Tapi sebagian besar masyarakat, kadang tidak mengetahui pengertian, fitur dan beberapa spesifikasi di dalam sebuah dvd player. Untuk itu kami akan berikan informasinya sebagai berikut.

DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.

Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.

Pengertian DVD dual layer

Yang dimaksud dengan dual layer DVD adalah pada sisi DVD tersebut terdapat dua lapisan data. Yang pertama ditulis agak semi transparan. Gunanya agar laser dapat membaca data pada layer di dalamnya. Data yang dapat dimuat oleh DVD dual layer dapat dua kalinya dari DVD single layer. Selain itu untuk menjalankannya DVD ini membutuhkan player atau DVD-ROM yang memang mendukungnya.

Cara membaca ada tiga cara. Yang pertama sesi yang dijalankan tetap berjalnjut dari satu layer lanjut ke layer selanjutnya. Atau ada juga yang sifatnya terserah user atau mengharuskan untuk berhenti sejenak. Baru kemudian lanjut kembali. Serta yang terakhir, yaitu dengan menggunakan arah putaran yang berbeda saling berlawanan dalam pembacaan datanya.

Biasanya ciri-ciri DVD dual layer adalah warna kepingannya berwarna emas. Kemudian pada DVD tersebut terdapat opsi tampilan layar Widescreen atau Fullscreen. Dan sebagai ciri terakhir yang dapat Anda lihat langsung adalah adanya dua serial number dalam satu DVD tersebut.

Setiap DVD Player memiliki beberapa fitur pokok yang kemungkinan besar akan selalu Anda dapatkan dari DVD Player. Oleh sebab itu fitur yang bukan termasuk pokoklah yang perlu Anda perhatikan. Fitur-fitur pokok itu adalah:

  1. Pemilihan track dan subtitles dengan player.
  2. Multiangle viewing.
  3. Aspect ratio control.
  4. Parental Control.
  5. Fast and Slow playback.
  6. Multichannel digital audio.
  7. Kompatibilitas dengan Dolby Pro Logic Receiver.
  8. On-Screen menu.
  9. Dual-Layer Playback.

10.Dan kemampuan untuk memainkan CD Audio.

Dan berikut ini yang merupakan fitur optional pada dvd player:

* Kemampuan untuk menjalankan sistem audio DTS. Perhatikan simbol DTS dan koneksi dibelakangnya.

* Perlu diingat bahwa tidak semua DVD Player dapat memainkan VCD, jika Anda menginginkannya perhatikan fitur tersebut.

* Apakah Anda ingin memainkan Recordable DVD? Jika iya perhatikan simbol-simbol -R, -RW, +R, and +RW.

* Fitur Multilanguge biasanya memang sudah disediakan oleh player, namun bahasa apa saja yang tersedia dan Anda inginkan, harus Anda periksa terlebih dahulu. Sebab ketersediaan bahasa pada setiap player tidak selalu sama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *