Televisi menjadi salah satu alat elektronik yang saat ini seolah sudah wajib ada di rumah. TV sendiri merupakan tontonan untuk hiburan namun juga bisa menjadi sumber informasi yang bisa didapatkan. Tak heran jika saat ini hampir semua rumah memiliki TV mengingat TV memang sumber hiburan di rumah. Teknologi TV pun kian lama kian bagus saja. Dulu TV yang dipakai adalah TV tabung, lalu meningkat ke TV plasma dan kemudian ada TV LCD dan yang sedang banyak diincar saat ini adalah TV LED.

 Mengenal Perbedaan TV LCD dan TV LED Secara Umum

Teknologi yang ada di televisi memang kian lama kian bagus saja. Tak heran jika saat ini TV sudah banyak sekali dilengkapi dengan ragam fitur yang bisa melengkapi kenyamanan selama menonton TV. Untuk jenis TV saat ini yang sudah banyak dipilih di rumah yakni jenis LCD dan juga LED. Mengingat bentuknya hampir sama, maka tak heran jika banyak yang bingung antara kedua jenis TV ini. Meski demikian, dari segi harga sendiri kedua TV ini dibanderol dengan harga yang berbeda.

Untuk mengenali lebih dalam tentang perbedaan dari kedua jenis TV ini, maka berikut ini beberapa hal yang perlu digarisbawahi:

  • Konsumsi listrik

Dalam hal konsumsi listrik, sebetulnya jenis LCD dan LED memang lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis TV tabung. Meski demikian untuk LED TV sendiri masih lebih hemat dibanding LCD TV mengingat LED TV menggunakan light emiting diode, sedangkan untuk LCD TV menggunakan liquid crystal display. Untuk konsumsi listrik dari LED TV bisa hemat sekitar 30 persen dibandingkan dengan jenis LCD.

  • Tingkat kontras

Dari segi tingkat kontras, TV LED juga lebih unggul dibandingkan dengan jenis TV LCD. Hal ini bisa dilihat secara langsung ketika menempatkan kedua jenis TV ini berdampingan. LED TV akan mampu terlihat dengan tingkat kontras lebih tinggi mengingat LCD masih menggunakan teknologi berupa CCFL, sedangkan LED TV menggunakan light emiting diode dimana cenderung berwarna gelap untuk cahaya belakangnya. Dengan cara ini, maka jangan heran jika LED bisa lebih unggul dari sisi kontras gambarnya.

  • Ketebalan layar

Pada dasarnya untuk ketebalan layar dari kedua jenis TV ini tak begitu terlihat dengan jelas. Alasannya adalah karena kedua jenis TV ini sudah memakai lapisan layar yang tipis juga. Meski demikian, jika diperhatikan dengan saksama, maka LED TV cenderung lebih tipis dibandingkan dengan LCD TV karena material LED yang ada di TV tersebut. 

Itulah beberapa perbedaan mendasar yang ada di TV LCD dan TV LED. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, maka Anda pun akan bisa mempertimbangkan dengan lebih matang dalam pemilihannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *