Alat-alat elektronik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Setiap orang membutuhkan keberadaan alat elektronik dalam kehidupannya sehingga tidak heran jika di hampir setiap rumah warga selalu terdapat alat-alat elektronik yang digunakan sebagai media hiburan, bahkan untuk memudahkan pekerjaan keseharian mereka. Namun, tidak setiap masyarakat Indonesia mampu membeli alat-alat elektronik yang diingankannya. Hal tersebut disebabkan oleh banyak alasan, salah satunya adalah keterbatasan dana atau harga yang tidak sesuai dengan penghasilannya. Tidak jarang, seseorang harus menabung dalam jangka waktu tertentu sebelum uang yang terkumpul cukup untuk membeli alat elektronik. Kini, terdapat sistem jual beli yang meringankan pembeli dalam rangka membeli alat elektronik yang diinginkannya, yaitu sistem kredit elektronik dengan bunga 0%.

Bagi Anda yang ingin melakukan sistem kredit dalam membeli barang elektronik, Anda harus mengenal dengan baik apa itu sistem kredit elektronik dengan bunga 0% agar Anda tidak merasa tertipu atau menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda ketahui dan perhatian sebelum memutuskan mengambil kredit alat elektronik.

Pengertian Cicilan Bunga 0%

Cicilan bunga 0% merupakan sistem cicilan tanpa bunga, sehingga pembeli hanya dikenakan kewajiban untuk melunasi beaya yang dibebankan di awal tanpa membayar bunga tambahan, misalnya beaya administrasi dan beaya-beaya tambahan lainnya. Angsuran yang dibayar setiap bulan yang merupakan kewajiban pembeli dapat dicicil tanpa adanya bunga.

Yang perlu Anda ingat, namanya sistem kredit tentu harga barangnya akan berbeda dengan harga membeli secara tunai. Yang dimaksud cicilan 0% adalah cicilan tanpa bunga, bukan tanpa beaya kredit.

Cara Kerja

Cara kerja sistem kredit tanpa bunga hampir mirip dengan cara kerja kredit biasa, yaitu antara penjual dan pembeli (pengkredit) sudah melakukan kesepakatan tentang harga yang dibebankan. Perbedaannya, sistem cicilan bunga 0% tidak mengharuskan si pengkredit membayar bunga. Misalnya ketika akan mengkredit kulkas dengan harga 6 juta yang dikredit dalam jangka waktu satu tahun, maka setiap bulan si pengkredit tersebut hanya harus membayar Rp. 500.000, tidak perlu membayar bunga pajak atau potongan beaya administrasi.

Mengkredit dengan Aman

Jika ingin mengambil kredit dengan bunga 0% dengan menggunakan kartu kredit dari bank, pastikan bahwa kartu rekening bank yang Anda miliki sudah bekerja sama dengan pihak penyedia layanan kredit, sehingga Anda tidak akan dipotong beaya administrasi.

Pastikan untuk selalu membayar cicilan sesuai waktu yang telah ditentukan, kerana jika terlambat membayar, pihak pengkredit tetap dikenai denda keterlambatan, sehingga cicilan bunga 0% yang diambil demi meringankan beaya yang harus dibayar sama saja sia-sia karena mendapat denda.

Pastikan juga alat elektronik yang Anda beli dengan memanfaatkan kredit elektronik termasuk ke dalam kategori barang yang termasuk dalam program cicilan 0%, sebab tidak semua alat elektronik dapat dikredit dengan sistem cicilan 0%, setiap penyedia jasa kredit hanya menyediakan alat-alat elektronik tertentu saja yang dapat dikredit dengan cicilan 0%, terutama ketika dalam masa promo.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *