Alat elektronik merupakan kumpulan barang-barang yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan lainnya yang menggunakan energi listrik. Hal ini membuat banyak pembeli tentunya membeli beberapa barang elektronik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan. Dengan adanya alat elektronik juga turut membantu meringankan kebutuhan penggunanya. Televisi merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan saat ini. Dari televisi seseorang dapat merasakan hiburan visual dan audio yang jernih tergantung dari besarnya. Sama halnya dengan alat elektronik lain, juga membutuhkan service televisi supaya tetap terawat dan lebih baik ketika digunakan.

Mengenali Beberapa Masalah TV dan Service Televisi untuk Mengatasi Kerusakan

Berikut adalah permasalahan yang sering terjadi dan cara melakukan servis sendiri diantaranya: 

  • Regulator terdapat suara ngerik dan gambar normal maka lakukan pengecekan jalur pada HVT ke bagian regulatornya.
  • Gambar tidak fokus maka putar VR beberapa kali dan socket CRT mengalami kerusakan dan perlu segera diperbaiki.
  • Terdapat loncatan api dalam CRT maka perlu diperhatikan apakah tabung retak atau ada elektrode yang lepas dari posisinya.
  • Jika layar timbul efek pelangi maka sebaiknya jangan memutar posisi TV terlalu sering, sudah tersambar petir, ada magnet atau peralatan yang memiliki magnet.
  • Jika terdapat flek pada layar CRT maka cara menghilangkannya dengan automatic degansing yang sudah tersedia, matikan TV dan main switch, hidupkan kembali dan ulang hingga 3 kali.

Selain beberapa diatas ada juga permasalahan seperti gambar setengah layar atau miring maka cek rangkaian dua diode phase detector HFL dan rangkaian pulse HVT ke AFC. Jika muncul suara dari HVT maka jangan biarkan TV hidup dalam keadaan. Maka segera ganti kapasitornya dan ganti keramik resonatornya jika TV menggunakan RC OSC dan count down. Beberapa masalah ini dapat diatasi dengan service televisi mandiri di rumah jika memahami dengan baik beberapa komponen yang terdapat didalam televisi dan cara kerjanya. 

Berikut adalah manfaat memahami cara kerja TV diantaranya:

 Ketika melakukan perbaikan TV maka akan lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga karena pengguna tidak perlu coba-coba.

  • Dapat mudah fokus untuk menentukan kerusakan pada bagian atau komponen tertentu pada televisi.
  • Kerusakan pada TV yang ringan tidak membutuhkan perbaikan yang lama dan dapat dilakukan dalam hitungan menit.
  • Akan mengetahui beberapa bagian televisi yang perlu dihindari untuk dilepas dan diukur terlalu sering.

Manfaat lainnya adalah seminimal menghindari adanya kegiatan mal praktik. Sebagai tukang servis maka ketika melakukan service televisi maka perlu mengetahui fasilitas yang terdapat pada TV. Fasilitas tersebut berupa tampilan yaitu dari ukuran bentuk tabung, suara dari televisi dan aksesoris lainnya. Beberapa hal ini membuat pengguna TV dapat melakukan perbaikan sendiri pada TV yang digunakan tanpa harus memanggil ahli.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *