Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan fasilitas dan teknologi pun kian bertambah. Ketika manusia zaman dahulu tidak terlalu memperhatikan kerapihan pakaian, zaman sekarang manusia sangat memperhatikan kerapihan demi menunjang percaya diri untuk tampil dan bergaul. Dari pernyataan tersebutlah, manusia menciptakan alat untuk merapihkan pakaian yang saat ini kita kenal dengan nama setrika.

Tahukah Anda? Ternyata setrika yang kita gunakan sehari hari memiliki beberapa jenis yang berbeda. Perbedaan jenis jenis tersebut berawal dari semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang elektronik yang satu ini. Lalu seperti apa jenis jenis dari setrika pakaian?

  • Setrika Arang

Setrika arang merupakan setrika generasi pertama. Setrika ini tercipta sebelum manusia menemukan listrik yang menjadi sumber daya pada setrika modern.

Konsep dasarnya, setrika menggunakan energi panas untuk merapihkan pakaian yang kusut. Karena saat itu energi listrik belum ditemukan, manusia menggunakan energi panas dari arang untuk menyetrika pakaian.

Dengan wadah penampung arang yang terbuat dari seng dan besi, energi panas pun dapat dihantarkan dan merapihkan pakaian pun jadi mudah.

  • Setrika listrik

Setelah ditemukanya listrik, manusia mulai berfikir untuk membuat setrika yang lebih praktis. Bayangkan saja jika setiap berangkat kerja Anda harus membakar arang untuk menyetrika pakaian. Hal itu jelas tidak praktis.

Baca Juga:Tips Merawat Barang Elektronik dan Keuntungan Melakukannya

Dengan dalih tersebut, ditambah dengan penemuan bahwa energi listrik dapat dikonversikan ke dalam energi panas, manusia mulai berfikir untuk memanfaatkan listrik sebagai sumber utama dari setrika. Dan terciptalah setrika listrik yang kita sering gunakan saat ini.

  • Setrika uap

Setrika jenis ini merupakan pengembangan dari setrika listrik. Setrika ini diciptakan karena tidak semua pakaian dapat disetrika oleh setrika jenis listrik. Pakaian yang permukaannya terpasang manik manik dan aksesoris cukup sulit untuk disetrika menggunakan setrika listrik.

Dinamakan setrika uap karena setrika ini dapat menghasilkan uap panas. Uap panas tersebut keluar dari penampungan air pada setrika. Air tersebut dipanaskan sehingga menguap. Uap itulah yang dapat merapihkan pakaian yang kusut.

Kelebihan dari setrika ini adalah dapat merapihkan pakaian tanpa harus tersentuh oleh permukaan setrika. Sangat cocok digunakan untuk merapihkan pakaian yang penuh dengan manik manik.

Setrika ini memiliki 2 varian yang berbeda. 2 varian tersebut adalah setrika uap biasa dan setrika uap berdiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *