Pada setiap rumah tangga di Indonesia, pastinya memiliki kulkas atau lemari es yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan serta minuman agar tetap awet, kualitasnya tetap terjaga serta membuatnya menjadi lebih segar. Tidak heran jika alat elektronik yang satu ini menjadi jenis yang pasti dimiliki setiap rumah di berbagai negara. Fungsinya pun dianggap sangat krusial, terutama oleh para ibu rumah tangga, yang dimana perlu mempersiapkan segala bahan makanan sebelum memasaknya, atau pun menyimpan sisa makanan yang masih layak. Biasanya, para ibu rumah tangga akan memilih menggunakan jenis kulkas yang memiliki freezer karena bagian tersebut menghasilkan udara yang lebih dingin dan membuat segala hal yang disimpan di dalamnya menjadi lebih cepat dingin dan juga menjadi beku. Manfaatkan bagian tersebut untuk menyimpan makanan, namun menggunakan cara ini agar semakin terasa praktis dan membuat Anda nyaman:

Menggunakan Freezer untuk Menyimpan Makanan Akan Terasa Lebih Praktis dan Nyaman jika Menerapkan Cara Ini!
Menggunakan Freezer untuk Menyimpan Makanan Akan Terasa Lebih Praktis dan Nyaman jika Menerapkan Cara Ini!
  • Bungkus dan Pisahkan

Sebelum memasukkan makanan ke dalam komponen ini, lebih baik Anda membungkusnya terlebih dahulu dengan menggunakan plastik dan barulah memasukkannya ke dalam alat tersebut. Setelah itu, pastikan untuk mengatur penempatannya, pisahkan berdasar jenisnya dan menggunakan berbagai wadah sebagai penandanya agar Anda lebih mudah untuk menemukan jenis makanan atau bahan yang diinginkan dan mengambilnya pun akan lebih terasa mudah. Pastikan jika wadah tersebut sudah tertutup dengan rapat.

  • Suhu

Pendingin yang paling baik adalah yang memiliki suhu stabil dan tidak cepat panas. Pastikan untuk mengatur suhu pada freezer Anda setidaknya 18 derajat Celcius untuk membuat makanan dan juga bahan-bahannya tidak membuatnya menjadi lebih cepat rusak, terutama pada bagian teksturnya. Namun, suhunya tersebut pun harus diperhatikan, jangan sampai memasang pada suhu yang terlalu rendah seperti misalnya 0 derajat Celcius karena dapat merusak makanan yang disimpan.

  • Bersihkan Setiap Bagiannya

Sebelum Anda menggunakan bagian tersebut untuk menyimpan segala makanan dan bahan-bahannya, Anda perlu memperhatikan kondisi di dalamnya. Pastikan jika dalamnya sudah dalam keadaan yang bersih. Jika tidak, maka Anda harus membersihkannya sebelum memasukkan makanan ke dalamnya. Hal ini harus dilakukan agar meminimalisir adanya bakteri dan juga berbagai partikel jahat yang dapat merusak setiap makanan yang disimpan di dalamnya.

  • Waktu Penyimpanan

Pastikan untuk mengetahui jangka waktu penyimpan di dalam freezer sesuai dengan jenis makanan, seperti:

  • Daging asap mentah dapat Anda simpan selama 1 bulan lamanya di dalam pendingin.
  • Sup, udang, es krim, kue, semur, pie, dan berbagai hidangan penutup dapat Anda simpan selama 2 hingga 3 bulan lamanya.
  • Daging giling, dada ayam matang, roti, keju, iga sapi mentah dan ikan dapat disimpan hingga 4 sampai 6 bulan di dalamnya.
  • Ayam mentah dan sayuran beku dapat disimpan 6 hingga 9 bulan.
  • Ayam utuh dan steak mentah dapat disimpan selama 12 bulan.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *