Sudah mendekati hari Lebaran pastinya setiap ibu rumah tangga Indonesia yang merayakannya ada yang merasa sibuk di dapur untuk menyiapkan berbagai macam kue kering yang dapat dibuat hanya dengan menggunakan oven listrik dan juga beberapa peralatan penting lainnya. Hal tersebut juga bukan merupakan hal yang sulit lagi, karena sekarang mereka dapat mengetahui cara membuat kue yang diinginkan dengan menggunakan internet secara cepat dan mudah. Alat tersebut juga sangat diperlukan bagi setiap ibu yang ingin memanggang kue dengan hasil yang lebih sempurna serta juga yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi karena alat yang satu ini sangat mudah untuk dioperasikan. Namun, meski mudah digunakan, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memanggang atau ketika sedang memanggang kue yang diinginkan. Pastikan jika Anda melakukan beberapa cara di bawah ini agar lebih aman dan juga nyaman ketika membuat kue:

Menggunakan Oven Listrik untuk Memanggang Kue? Pastikan untuk Melakukan Beberapa Cara Ini! 

  • Panaskan Oven

Sebelum Anda gunakan untuk memanggang kue, pastikan untuk memanaskan alat yang satu ini agar panas yang dialirkan di dalamnya dapat tersebar hingga merata. Panaskan kira-kira 10 hingga 15 menit lamanya hingga oven mencapai suhu yang pas untuk memanggang. Jika Anda ingin memastikannya dengan akurat, maka Anda bisa menggunakan pengukur suhu. Panaskan alat elektronik tersebut hingga ke panas yang paling pas dan tepat agar kue menjadi lebih mudah untuk mengembang sehingga tidak bantat dan penampilannya pun jauh lebih menarik.

  • Peletakan

Setiap makanan yang Anda masukkan ke dalam alat tersebut tentunya memiliki ketentuan dalam pengaturan posisi pemanggangannya. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna. Jika ingin makanan yang dipanggang di dalam oven listrik renyah, maka Anda bisa meletakkannya di atas. Jika ingin membuat kue kering, maka letakkan di tengah. Bagian bawah dari alat ini biasanya digunakan untuk membuat roti mau pun pizza.

  • Peralatan yang Tepat

Dalam memanggang kue, peralatan yang digunakan sangat penting untuk Anda perhatikan. Akan lebih baik untuk menggunakan alat yang terbuat dari logam jika ingin membuat kue kering serta rot. Hal ini dikarenakan untuk dapat membuat bagian bawahnya menjadi lebih renyah. Jika ingin menghilangkan warna kecoklatan pada bagian bawah, maka Anda bisa memilih yang terbuat dari silicon, kaca, keramik, dan lain sebagainya karena tidak dapat menghantarkan panas dengan sempurna sehingga bawahnya pun akan lebih cerah.

  • Jangan Buka Penutupnya

Salah satu hal yang juga harus Anda perhatikan dan jangan sampai dilakukan adalah membuka penutup dari oven listrik yang sedang memanggang kue. Hal ini dapat menyebabkan temperaturnya tidak stabil. Hal ini pastinya akan berdampak pada waktu yang digunakan untuk memanggang menjadi lebih lama atau pun kue menjadi bantat an tidak menarik. Pastikan jika penutupnya selalu tertutup rapat ketika sedang memanggang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *