Bagi Anda pecinta game pastinya tidak bisa menggunakan laptop standar yang banyak digunakan. Dalam bermain game membutuhkan laptop dengan spesifikasi diatas rata-rata. Game yang dimaksud adalah game era millennium yang memiliki grafis 3D sehingga program yang di jalanannya pun berat. Gaming laptop yang dibutuhkan untuk bermain game ini tersedia dalam berbagai macam harga sesuai spesifikasinya. Tetapi bagi Anda yang masih awam dengan laptop jenis ini dan ingin memilikinya Anda harus benar-benar memperhatikan spesifikasi pada laptop yang akan Anda beli.

 

Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan dalam memilih gaming laptop agar tidak salah pilih:

 

  1. Ketahui jenis prosesor yang digunakan. Poin yang sangat penting dalam memilih suatu perangkat adalah prosesor. Karena prosesor ini nantinya yang akan menjalankan program game yang Anda jalankan. Apabila Anda memainkan game berat, sebaiknya Anda pilih laptop dengan prosesor minimal Intel i5, bila menggunakan AMD gunakan A10 atau FC series. Apabila Anda memainkan game ringan Anda dapat menggunakan prosesor Intel i3. AMD A4 Dual Core juga dapat menjadi pilihan Anda karena sudah cukup untuk memainkan game yang ringan.
  2. Pilih Video Graphic Adapter (VGA)/ Kartu Grafis yang sesuai. Dalam bermain game tampilan grafis yang baik sangat dibutuhkan. Oleh karenanya Anda membutuhkan VGA yang bagus sehingga tampilan grafis game Anda akan maksimal. Pilih kartu grafis NVDIA atau GeForce GTX series yang memiliki performa grafis yang terbaik. Anda juga dapat memilih GT840 atau AMD seri R7 ataupun R9.
  3. Random Access Memory (RAM). Bagi Anda yang memainkan game berat pilih laptop dengan kapasitas RAM minimal 8 GB, tetapi apabila memainkan game yang ringan 2 GB sudah cukup. Hal tersebut dipilih karena RAM yang berfungsi menyimpan data sementara ketika bermain game, dapat berjalan dengan baik apabila memiliki kapasitas yang semakin besar. Tipe RAM yang dapat Anda pilih adalah DDR3 atau DDR4.
  4. Hard Disk Drive (HHD). Dalam memilih laptop perhatikan kapasitas penyimpanan HHD nya. Kegiatan gaming membutuhkan ruang penyimpanan dan penginstalan yang cukup besar sehingga paling tidak laptop Anda memiliki kapasitas 1 TB. Kecepatan yang dimiliki laptop Anda paling tidak adalah 5400 RPM sehingga membantu ketika game sedang dalam mode loading agar lebih cepat.

 

Demikian adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam memilih gaming laptop sehingga Anda tidak salah pilih. Hal terpenting dalam memilih sebuah laptop gaming adalah utamakan spesifikasi dan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Selain komponen-komponen diatas Anda sebaiknya juga memperhatikan komponen lain yang dapat menunjang kegiatan gaming Anda. Dengan Begitu kegiatan gaming Anda akan lancar tanpa terkendala oleh perangkat yang digunakan

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *