Alat elektronik merupakan kumpulan barang-barang yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan lainnya yang menggunakan energi listrik. Hal ini membuat banyak pembeli tentunya membeli beberapa barang elektronik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan. Dengan adanya alat elektronik juga turut membantu meringankan kebutuhan penggunanya. Alat elektronik yang biasa digunakan adalah kulkas, penanak nasi, blender, dispenser dan masih banyak lagi. Adanya alat elektronik ini tentunya memerlukan service elektronik untuk tetap membuat alat bekerja dengan baik. Service ini dapat dilakukan ditempat service langsung dari merek produk elektronik dan juga dapat memanggil beberapa tukang service sebagai penyedia jasa.

 Mengulas Beragam Manfaat Servis Kulkas dan Mengintip Prospek Usaha Service Elektronik

Salah satu alat elektronik yang banyak digunakan adalah kulkas. Kulkas juga perlu di servis setidaknya sekali dalam setahun supaya tetap berjalan dengan baik, berikut adalah manfaat jika melakukan service secara rutin diantaranya:

  • Dalam kurun waktu tiga bulan, perlu dilakukan pemeriksaan segel pintu supaya tidak ada udara yang dapat keluar dan pintu tetap tertutup dengan rapat. Gunakan sikat gigi, soda kue dan air untuk membersihkan bagian segel pintu dari bekas atau sisa makanan untuk tetap menjaga suhu makanan.
  • Kumparan kulkas yang berdebu dan kotor akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan akan mengurangi keawetan kulkas dan makanan yang berada didalamnya. Maka sebaiknya gunakan penyedot debu selama tiga bulan sekali dan jika memiliki binatang peliharaan sebaiknya satu bulan sekali.

Selain beberapa diatas, memberi manfaat untuk mengecek karet packing kulkas untuk menjaga segel kulkas untuk menahan udara dingin. Jika udara luar masuk maka kulkas akan bekerja keras dan menghasilkan dua kali lebih banyak listrik dan energi. Beberapa kulkas dirancang sudah memiliki pembuat es maka memiliki saringan air yang perlu dibersihkan dan diganti untuk menjaga kualitas air. Service elektronik ini dapat digunakan untuk mencegah jamur dan lumut. 

Berikut adalah prospek usaha dari jasa service diantaranya:

  • Terdapat beberapa jenis usaha jasa servis biasanya memiliki tukang servis yang memperbaiki berbagai kerusakan dari berbagai macam produk elektronik dan beberapa tukang servis hanya produk tertentu saja.
  • Modal membuka usaha servis ini hanya dibawah 5 juta sudah dapat membeli peralatan reparasi yang dibutuhkan secara lengkap seperti DC power supply, multitester, seperangkat tools kit, solder, lampu servis dan kawah timah.

Selain beberapa diatas, perlu juga menggunakan rumus untuk menetapkan harga jasa servis. Dengan cara menambahkan harga onderdil, ongkos tukang dan laba yang diharapkan. Perhatikan juga keuntungan dari jasa servis yang bergantung pada faktor berapa persentase laba, banyak karyawan, lama waktu reparasi dan banyaknya order yang masuk. Service elektronik sudah menjadi kebutuhan setiap pengguna alat elektronik, bahkan sudah banyak usaha yang melayani panggilan langsung datang ke rumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *