Lampu Light Emitting Diode atau yang kerap dikenal dengan lampu LED ini memang saat ini banyak sekali penggunanya dan digunakan untuk menjadi penerangan untuk sebuah alat tertentu seperti mobil, aksesoris, dan masih banyak sebagainya. Lampu yang satu ini meskipun fungsinya adalah memberikan penerangan dan juga terdapat di berbagai alat yang digunakan masyarakat Indonesia sehari-hari, ternyata juga memiliki banyak jenis dan juga kegunaan yang berbeda-beda. Untuk itu, simaklah beberapa jenisnya serta kegunaannya dari jenis lampu yang saat ini sedang digandrungi di Indonesia ini:

 

Miniature LED

Jenis lampu yang satu ini memang memiliki ukuran yang kecil dan terlihat seperti miniature dari sebuah lampu. Namun jenis ini seringkali digunakan sebagai lampu hiasan biasa saja. Selain itu, jenis ini dapat digunakan pula pada beberapa alat elektronik yang sering dipakai di rumah tangga Anda yang mungkin sering digunakan. Misalnya, seperti lampu indikator yang bisa menunjukkan jika alat tersebut sudah aktif maka lampu tersebut akan menyala, selain itu jika sudah selesai, biasanya lampu tersebut akan padam. Meskipun kecil, namun nyatanya lampu ini sangat berguna bagi rumah tangga.

Baca Juga : Jenis-Jenis Led TV Bedasarkan Jenis Lampu Belakang

Bicolor LED

Lampu LED yang satu ini memang sering sekali didapati dalam sehari-hari Anda. Jenis lampu ini jika menyala, mampu menampilkan beberapa warna yang akan berganti-gantian menyala dalam satu lampunya. Jenis ini banyak sekali digunakan sebagai lampu hiasan dan juga sering dijumpai diberbagai mainan anak-anak yang biasanya bisa menyala-nyala dan juga memiliki suara saat dimainkan. Jadi, jika Anda penasaran lampu apa yang digunakan pada mainan buah hati Anda, maka jawabannya adalah lampu ini. Tentunya, lampu ini aman dan tidak akan merusak mata sang buah hati.

 

Surface Mount Device LED

Lampu yang kerap disapa dengan SMD LED ini juga ternyata banyak digunakan untuk beberapa alat elektronik yang mungkin kita gunakan setiap harinya tanpa menyadarinya. Jenis lampu ini memiliki ukuran yang kecil, hanya sebesar chip saja. Namun, jenis ini mempunyai kegunaan yang bermacam-macam. Lampu ini kerap dipakai untuk membuat lampu emergency, senter, penerang ruangan dan juga sering kali digunakan untuk membuat lampu-lampu hias yang menarik dan cantik.

 

Super Flux LED

Jenis lampu LED terakhir yang sering kali kita jumpai namun tidak mengetahuinya adalah super flux LED. Jenis ini membutuhkan tenaga atau daya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis LED lainnya. Hal ini dikarenakan jenis ini memiliki dua kutub positif dan juga negatif, jadi daya yang dibutuhkan pun akan berkali lipat juga. Jenis lampu ini memang sering digunakan untuk menerangi papan iklan yang berukuran besar yang sering kali dipasang di pinggir jalan atau pun sebagai lampu hias untuk sebuah panggung pementasan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *