Memang menggiurkan bila kita melihat iklan atau komputer gaming yang bagus untuk bermain game. Namun bila anggaran tidak dapat membeli komputer dengan spek yang tinggi, masih ada cara lain untuk menikmati game yang bagus. Merakit sendiri komputer memang terbilang agak sulit. Menentukan komponen yang pas untuk menjadikan perangkat ini maksimal dalam performa adalah bagian tersulitnya.

Pastikan dulu komputer gaming jenis apa yang sesuai anggaran kita. Bila sudah berpenghasilan, kita bisa merakitnya dengan spesifikasi menengah dari sisi harga, namun kualitas diatas rata-rata. Langkah awal dalam pembelian adalah motherboard. Komponen itu bisa dikatakan perangkat utama dari sebuah komputer. Semua komponen saling berhubungan melalui motherboard ini. Belilah yang sesuai dengan budget dan tujuan awal membeli perangkat ini. Gali info tentang motherboard yang cocok untuk menjalankan aplikasi game. Buku manual sebaiknya di simpan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan.

Perangkat kedua yang biasa kita beli adalah prosessor. Otak dari komputer. Kesesuaian prosessor dengan motherboard harus diutamakan. Semakin bagus spesifikasi prosessor, semakin baik pula kerja komputer.

Selanjutnya adalah VGA atau graphic card. Menampakkan visual game berbanding lurus dengan kualitas perangkat ini. Namun sebaiknya perhatian pula resolusi layar komputer gaming kita. Agar tidak terjadi kesalahan pembelian komponen. Layar yang baik belum tentu yang berukuran besar fisiknya.

Baca Juga: Spesifikasi Komputer Gaming

RAM atau random access memory penting dalam menjalankan sistem operasi komputer. Perangkat keras komputer ini bekerja dengan menyimpan data yang bersifat sementara. Data yang akan dibutuhkan akan diproses melalui perangkat ini. Kapasitas besar RAM mempengaruhi kinerja komputer yang lebih cepat dan baik. Komponen lain yang harus dibeli adalah media penyimpanan data, HDD atau SSD. Kapasitas yang cukup besar memudahkan kita menyimpan banyak game. Banyak dari berbagai pabrik komponen komputer yang menawarkan kapasitas hingga 1 TB.

Komputer gaming secanggih apapun tidak akan hidup tanpa arus listrik. Power supply menjadi alat penghubung daya listrik ke perangkat komputer, fungsi lainnya adalah menstabilkan daya arus listrik. Pastikan kualitas power supply bagus dan bekerja dengan baik, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Dalam perangkat power supply ini terdapat pula fan cooler yang berfungsi sebagai pendingin dan membuang panas dari peranti keras tersebut.

Dari semua komponen yang dibeli untuk merakit menjadi komputer yang diinginkan, simpanlah kardus, bukti pembelian dan kartu garansinya. Kalau pun kita akhirnya harus melakukan retur karena barang rusak atau tidak sesuai yang tertera, akan lebih dipermudah.

Bila ada niat untuk upgrade kedepannya, pastikan komponen komputer yang kita beli kompatibel dan mendukung itu. Bacalah review perangkat yang dicari dari berbagai sumber sebagai bahan pembanding.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *