Hampir setiap rumah tangga di Indonesia pastinya memiliki beberapa peralatan dapur yang sangat bermanfaat serta sangat memudahkan pekerjaan mereka. Seperti halnya menggunakan blender yang sangat berguna untuk menghaluskan buah serta sayuran, yang hasilnya bisa Anda minum atau pun gunakan dalam memasak sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena memiliki begitu banyak kegunaan, sudah menjadi hal yang wajar untuk Anda selalu merawat blender dengan benar dan baik agar nantinya alat tersebut lebih awet serta dapat dipergunakan dalam waktu yang lama. Terutama mengingat sekarang ini harga blender sudah tidak murah lagi dan biaya servisnya juga terbilang mahal, oleh karena itu Anda harus merawatnya dengan sangat baik. Merawatnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal menerapkan beberapa hal ini sehingga alat tersebut bisa lebih tahan lama:

Merawat Blender Terasa Lebih Mudah dengan Menggunakan Cara Jitu Ini! 

  • Tidak Digunakan Terus

Salah satu cara merawat alat tersebut agar tidak mudah rusak adalah dengan selalu memberikan jeda ketika sudah dipergunakan dalam waktu yang lama. Menggunakan blender secara terus menerus tanpa memberikan waktu untuk istirahat sangat cepat membuat alat tersebut rusak. Paling tidak berikan waktu istirahat selama 30 menit, kemudian Anda bisa menggunakannya kembali dengan nyaman. Selain itu, pastikan jika Anda menggunakannya sesuai dengan apa yang tertulis di dalam buku panduannya.

  • Membersihkan

Sering kali masyarakat Indonesia merasa malas untuk membersihkan dengan segera setelah menggunakannya. Ternyata, hal tersebut dapat membuat alat tersebut lebih cepat rusak dan akhirnya tidak dapat dipergunakan kembali. Akan lebih baik jika Anda merawat blender dengan mencucinya sesegera mungkin setelah digunakan. Selain itu, akan lebih baik jika menggunakan sabun ketika mencucinya agar kotoran lebih cepat lepas. Namun jangan sampai bagian motor penggerak yang ada pada blender terkena air karena hal ini pasti akan membuat blender rusak saat itu juga dan alhasil Anda pun tidak dapat menggunakannya lagi.

  • Simpan dengan Benar

Setelah mencucinya dengan bersih dan benar, maka Anda juga harus menyimpan alat tersebut di tempat yang kering dan aman. Sebelum menyimpannya, pastikan juga jaga blender sudah dalam keadaan yang kering agar nantinya tidak memunculkan jamur. Pastikan juga untuk menyimpannya dalam bentuk yang utuh layaknya siap untuk dipakai karena hal ini jauh lebih memudahkan Anda ketika ingin menggunakannya dengan cepat. Namun jika jarang digunakan, lebih baik untuk melepas setiap bagiannya dan menyimpannya dengan rapi.

  • Garansi

Ketika Anda baru saja membeli blender baru, akan lebih baik jika memperhatikan garansi dari alat tersebut. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah brand yang memproduksinya berkualitas atau tidak. Biasanya yang memiliki garansi lebih panjang memiliki kualitas yang lebih baik. Meski pun memiliki garansi, Anda tetap harus merawat blender dengan baik agar tidak perlu menunggu alat tersebut diservis atau pun mengganggu keseharian Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *