Kulkas adalah peralatan rumah tangga yang sangat penting dan membantu agar makanan dan minuman tetap dalam kondisi segar dan awet walaupun sudah berhari-hari. Memiliki kulkas terbaik akan percuma jika tidak dibarengi dengan merawat kulkas dengan benar dan teratur.

Jika tidak dirawat, kerja pendinginnya bisa menurun, bau apek dan bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Berikut adalah tips merawat kulkas agar awet, baik dari segi pemakaiannya maupun cara membersihkannya.

Cara Memperlakukan Kulkas yang Tepat

  • Pada saat membuka kulkas, jangan terlalu lama membukanya. Hal tersebut untuk mencegah udara dingin dari dalam kulkas tidak banyak yang keluar. Jika membuka kulkas terlalu lama bisa mempengaruhi mesin kulkas menjadi cepat rusak.
  • Jangan mengisi kulkas melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Menyimpan makanan dan minuman di dalam kulkas secara berlebihan bisa membuat kinerja mesin menurun dan membuat kulkas mengeluarkan bau tidak sedap.
  • Jangan simpan kulkas di tempat yang langsung terkena sinar matahari dan jangan simpan di dekat barang-barang yang mengeluarkan panas.
  • Jangan masukkan makanan atau air minum yang masih panas, sebaiknya tunggu sampai agak dingin.
  • Jangan letakkan kulkas menempel di dinding. Beri jarak minimal 20 cm hal ini bertujuan agar udara panas dari mesin bisa keluar dengan lancar.
  • Atur suhu atau tempelatur kulkas sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya jangan pasang temperature terlalu dingin karena membuat mesin bekerja ekstra dan bisa menambah biaya pembayaran listrik.
  • Jika listik mati jangan sering membuka kulkas dan cabut kabel kulkas dari stop kontak. Pada waktu listrik sudah nyala kembali, jangan langsung menyalakan kulkas.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

  • Membersihkan condessor kulkas.

Poin penting agar kulkas awet adalah membersihkannya secara rutin. Bersihkan bagian condessornya yang biasanya paling banyak menempel debu dan kotoran. Jika debu dan kotoran tidak segera dibersihkan bisa menghambat kinerja mesin kulkas.

  • Membersihkan wadah tempat menyimpan makanan dan minuman

Membersihkan bagian tempat menyimpan makanan di dalam kulkas caranya adalah: lepaskan bagian atau tempat menyimpan makanan dari dalam kulkas. Gunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring. Lap menggunakan spons lembut, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: Panduan Merawat AC Agar Awet

  • Membersihkan bagian fleezer

Sewaktu membersihkan bunga atau batu es yang biasanya menempel di bagian-bagian dalam kulkas jangan gunakan benda yang tajam. Karena bsia membuat sistem kulkas cepat rusak dan membuat sistem pendinginnya tidak bekerja maksimal. Cara mudah membersihkan batu es adalah membuka pintu es dalam kondisi kulkas mati (off). Diamkan sampai batu es mencair dan keluar semuanya.

Jika kulkas diperlakukan dengan baik dan dirawat dengan benar maka kulkas akan tetap awet dan tahan lama. Jadi, jangan lupa untuk merawat kulkas di rumah secara rutin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *