Selain digunakan untuk mempermudah pekerjaan serta aktivitas manusia, sekarang ini alat elektronik yang memang sudah dibekali dengan berbagai jenis teknologi yang begitu canggih juga memiliki banyak sekali fungsinya. Salah satunya adalah sebagai media hiburan, yang dapat Anda temukan diberbagai jenis perangkat elektronik sekarang ini. Salah satunya adalah televisi, yang dimana menjadi pilihan utama setiap keluarga Indonesia sebagai penghibur di rumah yang dapat dinikmati bersama-sama serta memiliki kegunaan yang begitu beragam. Tidak heran jika setiap rumah di negara ini memiliki setidaknya satu buah televisi. Jenis televisi yang sekarang ini diperjualbelikan di Indonesia sudah ada berbagai macam, salah satu jenis yang paling digemari oleh masyarakatnya belakangan ini adalah TV LEDJenis televisi ini tentunya sudah dibekali dengan berbagai teknologi yang begitu canggih dan memuaskan, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa televisi bisa saja rusak. Anda harus merawatnya dengan menggunakan tips pintar ini:

Merawat TV LED Agar Awet dan Tahan Lama Sangat Mudah, Ikuti Tips Cerdas Ini! 

  • Posisi Aman

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar TV lebih awet dan juga tahan lama adalah dengan menempatkannya pada posisi yang aman. Pastikan jika perangkat elektronik ini diletakkan pada tempat yang tidak rawan debu dan juga tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Letakkan setidaknya 15 cm dari tembok dan jangan biarkan menempel. Selain itu, jangan biarkan alat ini diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat menaikkan suhunya dan membuatnya lebih cepat rusak. 

  • Bersihkan Selalu

Alat elektronik yang bersih biasanya akan lebih tahan lama dan juga awet karena tidak ada kotoran mau pun debu yang menghalangi kerja mesinnya, sama halnya dengan TV LED ini. Pastikan untuk membersihkan televisi ini jika Anda mendapati alat tersebut sudah tertutup debu. Gunakan kain bertekstur halus untuk mengelap atau membersihkan permukaan televisi agar tidak lecet dan selalu terlihat dalam kondisi yang baik.

  • Mematikannya

Jika cuaca di luar sedang tidak bersahabat, misalnya seperti sedang hujan dan terdapat petir yang menggelegar kencang, maka lebih baik jika Anda mematikan alat elektronik yang satu ini. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa perangkat akan lebih mudah tersambar petir. Selain itu, televisi memang haruslah diistirahatkan beberapa waktu jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama. Pastikan untuk memberinya istirahat agar lebih tahan lama. 

  • Amati Perubahannya

Sering kali kita merasa bahwa TV LED mengalami sesuatu yang aneh atau Anda menyadari adanya perubahan pada perangkat tersebut, maka pastikan untuk memperhatikan alat tersebut. Segera periksa dan membawanya kepada ahlinya jika Anda menemukan kerusakan kecil. Karena jika dibiarkan maka akan semakin membuat komponen tersebut rusak dan akhirnya pun TV tidak dapat digunakan dengan sebagai mestinya dan membuat Anda mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *