Pekerjaan rumah tangga sekarang ini terasa lebih mudah untuk dilakukan karena sekarang ini sudah tercipta berbagai jenis alat elektronik yang dapat digunakan setiap harinya dan membuat segala pekerjaan menjadi lebih cepat. Para ibu rumah tangga pastinya merasa bahagia dengan kehadiran beberapa alat elektronik tersebut karena pastinya akan meringankan dan tidak membuat mereka merasa kerepotan dalam mengurus rumah tangga. Salah satu alat elektronik yang paling digunakan dan juga pastinya disukai oleh ibu rumah tangga zaman sekarang adalah mesin cuciAlat elektronik ini menjadi alat yang paling membantu mereka dalam menghemat tenaga, mengingat mencuci baju secara tradisional sangatlah melelahkan. Namun, harga alat yang satu ini cukup mahal sehingga para penggunanya pun disarankan untuk menggunakannya dengan baik dan hati-hati. Berikut inilah beberapa cara penggunaan dari alat elektronik yang satu ini yang pastinya sangat dianjurkan untuk Anda lakukan:

  • Jangan Banyak Memasukkan Pakaian

Hal paling pertama yang dianjurkan untuk Anda lakukan adalah memasukkan cucian dalam jumlah yang secukupnya saja dan jangan berlebihan. Hal ini dapat mempengaruhi motor atau mesin penggerak yang digunakan untuk mencuci baju didalamnya. Pada umumnya, mesin ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda, pastikan untuk tidak mencuci melebihi dari kapasitasnya. Selain dapat merusak mesin, mencuci dalam jumlah banyak pastinya akan membuat Anda lebih boros air dan juga detergen.

  • Bersihkan Filter

Jika Anda ingin alat elektronik yang satu ini memiliki usia yang lebih panjang, maka selalu ingat untuk membersihkan bagian filter airnya. Jika kotor dan dibiarkan begitu saja, pakaian yang Anda cuci akan lebih mudah terkontaminasi dengan kotoran yang menempel tersebut. Pastikan untuk mencuci bagian filter dari mesin cuci yang dimiliki setidaknya 3 hari sekali. Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan sikat untuk mencuci baju jika memang kotoran yang menempel sudah sangat banyak.

  • Penempatannya

Selain memperhatikan pemakaian dari alat elektronik ini, ternyata penempatan dari alat ini pun dapat mempengaruhi usianya. Jika Anda meletakkannya di sebuah ruangan, pastikan jika ruangan tersebut memiliki ventilasi udara yang cukup baik agar suhunya tetap stabil meski pun ketika sedang digunakan. Selain itu, pastikan jika ruangan tersebut tidak lembab dan memiliki permukaan atau lantai yang rata. Jangan biarkan juga mesin tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung dan letakkan di tempat yang lebih teduh.

  • Cabut Kabel

Ketika Anda sudah selesai mencuci dengan menggunakan mesin cuci, maka lebih baik untuk segera mencabut kabel mesin tersebut dari stop kontak. Hal ini mencegah adanya konsleting akibat alat tersebut terus dibiarkan memiliki aliran listrik yang terus mengalir. Lebih baik mencabutnya juga agar tidak membuat tagihan listrik Anda semakin membengkak. Namun ketika mencabutnya, pastikan tangan Anda dalam keadaan yang kering agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *